SELATPANJANG, GORIAU.COM - Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kepulauan Meranti telah menyediakan tempat parkir di lokasi bazar ramadan Jalan Banglas Selatpanjang. Namun, upaya itu tak memberikan hasil maksimal, lokasi Bazar Ramadan tetap saja menimbulkan kemacetan setiap sore hingga berbuka.



Dalam beberapa pertemuan, Kepala DPKP Meranti Joko Surianto Slamet SH MM menyampaikan bahwa mereka menyiapkan 3 tempat parkir di lokasi pasar ramadan.

Parkir pertama kata Joko, tepatnya di halaman pasar peninggalan zaman Bengkalis Jalan Banglas itu. Parkir kedua mereka menyiapkan di ruas jalan Sempaya dan halaman ruko sekitar.

Sementara untuk kendaraan pedagang, kata Joko pula, di belakang pasar ada tanah kosong. Dan itu dimanfaatkan untuk memarkir kendaraan para pedagang ini.

Namun, upaya untuk mengurangi kemacetan ini sepertinya belum berhasil sepenuhnya. Setiap sore, sekitar pukul 16.30 WIB hingga berbuka puasa, Jalan Banglas menjadi sangat macet. Kendaraan yang datang dari arah kota ke darat, dari darat ke arah kota, maupun kendaraan yang keluar dari Jalan Sempaya menyatu di depan pasar Ramadan.

Tak sedikit pula warga meminta dinas terkait untuk mengkaji ulang tentang pemindahan pasar ramadan ini.

Pasar ramadan sebelumnya berada di Jalan Ahmad Yani Selatpanjang. Mengingat ada bangunan pasar tidak dimanfaatkan, Kepala DPKP Meranti membuat kebijakan untuk tahun ini Pasar Ramadan dipindahkan ke Jalan Banglas.

Pasar ini pula telah diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Kepulauan Meranti yang waktu itu diwakili oleh Asisten III Tengku Akhrial, pada hari Kamis tanggal 18 Juni 2015.(zal)