MALANG – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali akan menggelar rapat bersama PSSI pasca-tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Menpora Amali ingin evaluasi sistem kompetisi sepak bola di Tanah Air segera dituntaskan.

Demikian disampaikan Menpora Amali dalam wawancara bersama Kompas TV dari Malang, Senin (3/10/2022). Situasi ini jelas harus segera direspons dengan cepat.

“Mungkin besok saya akan kembali ke Jakarta kemudian segera akan melakukan rapat dengan PSSI dan pihak terkait lainnya,” kata Menpora Amali.

Menpora Amali bilang, stakeholder terkait melakukan tugasnya masing-masing dalam menuntaskan kasus ini. Sejauh ini juga pemerintah telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta. (TGIPF). Tim ini dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD.

“Kita sudah berbagi tugas. Investigasi dilakukan oleh Polri. Pemerintah tengah fokus dalam penanganan korban,” ujar Menpora Amali.

Kemudian, Menpora Amali juga memastikan Liga 1 berhenti sementara. Hal ini juga sekaligus mengikuti arahan Presiden Joko Widodo. Penghentian sementara kompetisi sampai evaluasi total selesai dilakukan.

“Pemerintah menunggu hasil evaluasi tersebut. Bapak Presiden juga gelah meminta kompetisi berhenti sementara dan sudah dilakukan,” pungkas Menpora Amali. ***