JAKARTA - Akademisi Rocky Gerung mengaku tak tahu soal foto tersangka Ratna Sarumpaet yang mana, hingga dimintai keterangan polisi.

Maka dari itu, ia akan menanyakan hal tersebut pada penyidik yang memeriksanya hari ini.

"Saya gak tahu yang mana yang di HP (telepon genggam) saya. Nanti saja. Saya gak tahu yang mana fotonya mesti dicrosscheck," katanya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (4/12/2018).

Saat ditanya apakah dia menerima foto itu dari Ratna atau tidak, Rocky minta sampai pemeriksaannya usai agar dia bisa menjelaskannya secara gamblang.

"Saya belum tahu, saya jawab nanti kalau diperiksa. Nanti kan saya belum tahu apa yang mau ditanya. Kalau ditanya soal kejadian, saya gak ada di Jakarta. Sebagai saksi fakta ndak mungkin secara faktual saya mengetahui sesuatu," jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pihaknya kembali mengagendakan pemanggilan akademisi Rocky Gerung untuk diperiksa sebagai saksi atas kasus berita hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet pada Selasa (4/12/2018). Ia akan ditanya soal alur penyebaran foto tersangka Ratna Sarumpaet. Pemanggilan ini merupakan petunjuk dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Agendanya demikian (pemeriksaan Rocky Gerung hari ini)," katanya saat dihubungi, Selasa (4/12/2018).

Diketahui, Ratna Sarumpaet ditahan polisi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus hoaks, Jumat, 5 Desember 2018. Aktivis perempuan itu sempat menggegerkan publik karena mengaku diamuk sejumlah orang.

Ratna dijerat Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dari penerapan pasal berlapis itu, Ratna terancam hukuman 10 tahun penjara.***