PEKANBARU - Ketua Komisi V DPRD Riau, Eddy A Moh Yatim, mengimbau kepada seluruh penerima beasiswa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk tidak panik terkait kejelasan penyaluran beasiswa tahun anggaran 2021 ini.

Dikatakan Eddy, dirinya beberapa hari lalu menerima surat dari mahasiswa terkait belum diterimanya dana beasiswa kepada mahasiswa sesuai hasil pengumuman.

"Iya, kita menerima surat dari mahasiswa soal beasiswa mereka yang belum cair, karena pembayaran uang kuliah sudah hampir tutup," ujar Politisi Demokrat ini, Minggu (23/1/2022).

Berdasarkan surat aduan itu, Eddy langsung mempertanyakan hal itu kepada Kepala Biro Kesra, Zulkifli Syukur, saat rapat evaluasi anggaran. Dan ternyata, anggaran itu sudah tidak di kas daerah lagi.

Artinya, lanjut Eddy, Pemprov sudah mengtransfer uang tersebut kepada kampus, karena dalam mekanismenya yang membagikan adalah kampus sesuai dengan MoU Pemprov dengan kampus yang bersangkutan.

"Anggarannya itu Rp 100 miliar lebih, uangnya sudah ditransfer ke kampus masing-masing. Nah, sekarang tinggal pengaturan dari kampus ke penerima," ujarnya.

Eddy memaklumi penyaluran ini agak lambat karena jumlah penerima mencapai ribuan, dan beberapa diantara penerima sudah ada yang rekeningnya mati. Sehingga, pihak kampus mungkin tidak mau tercecer.

"Yang jelas dana itu sudah cair, tinggal penyaluran dari kampus saja, jadi penerima tidak usah khawatir, dana itu ada, cuma belum sampai saja. Untuk sementara mungkin bisa ditalangi terlebih dahulu," tutupnya. ***