SELATPANJANG – Lonjakan penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang diprediksi masih terjadi hingga besok Senin (9/5/2022). Hal ini dikarenakan masih banyak pergeseran penumpang yang akan berangkat.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang Capt Leonard Natal melalui Petugas Lalu Lintas Laut, Ade Kurniawan mengatakan, saat itu hingga siang hari untuk penumpang naik di Pelabuhan Tanjung Harapan mencapai 1.400 lebih. Selain itu untuk penumpang naik dari pelabuhan lainnya sekitar 250 penumpang.

Ade juga menjelaskan sampai saat ini untuk arus balik terbanyak terjadi pada hari Jumat (6/5/2022) dengan jumlah sekitar 3.000 lebih penumpang.

"Jadi ada 2.800an dari Selatpanjang dan 300 lebih sampai 400 lebih di wilayah Tanjung Samak," jelasnya.

Dijelaskan Ade masih banyak calon penumpang yang datang hendak berangkat namun belum memiliki tiket untuk berangkat.

Bahkan terindikasi operator kapal memberikan tiket kepada calon penumpang namun kapasitas kapal sudah penuh.

"Hari ini masih ada penumpang yang datang sehingga pelabuhan penuh, tapi mereka tidak memiliki tiket," jelas Ade.

Dikatakan Ade hal tersebut membuat calon penumpang tidak bisa berangkat karena kapasitas kapal yang sudah penuh walaupun mereka telah memiliki tiket.

Oleh karena itu dirinya menghimbau agar operator kapal tidak menjual tiket melebihi kapasitas. Hal ini agar mengantisipasi kepadatan dan tidak bisa berangkatnya calon penumpang saat itu.

"Jadi operator kapal kita imbau untuk tidak menjual tiket melebihi kapasitas dari kapal yang tersedia. Jangan sampai memiliki tiket tidak berangkat," pungkasnya.

Ade juga menambahkan untuk arus balik didominasi penumpang menuju Tanjung Balai Karimun dan Batam.

Ade juga menggambarkan pihaknya bersama operator juga berusaha untuk memfasilitasi pemudik yang melakukan arus balik dengan melakukan penambahan armada. Bahkan armada arus balik tertinggi ada saat arus balik berjumlah 43 armada.***