JAKARTA - Timnas Sepakbola U 23 Indonesia mengalami kekalahan dari Vietnam 3-0 pada laga perdana cabor sepakbola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022) lalu. Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Amali optimis tim asuhan Shin Tae-yong itu bisa bangkit kembali saat menjalani laga berikutnya .

Kepercayaan itu disampaikan Menpora Amali usai menjadi inspektur upacara pada pengukuhan atlet SEA Games Vietnam 2021 di di Hall A Basket Senayan, Jakarta, Minggu (8/5/2022). Menurutnya, masih ada beberapa pertandingan lagi yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemain Indonesia.

"Saya kira pertandingan masih ada beberapa kali, kita percaya kepada pimpinan cabang olahraga, kita percaya kepada pelatih, dan kita percaya kepada atlet atau pemain," kata Menpora Amali.

Timnas Indonesia sendiri masih menyisakan tiga pertandingan yang akan dijalani Timnas U-23 pada fase grup. Yakni melawan Timor Leste (10 Mei), Filipina (13 Mei), dan Myanmar (15 Mei). "Kita beri kesempatan kepada mereka, masih ada kesempatan beberapa kali lagi," tambah Menpora.

Kekalahan kemarin memamng menambah catatan Shin Tae-yong belum pernah menang atas seniornya Park Hang-seo selaku pelatih Vietnam U-23. Padahal kedua pelatih ini sudah saling bersua sejak di kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020.

Di pertandingan selanjutnya, Timnas U-23 diyakini bakal tampil dengan kekuatan penuh karena akan kedatangan tenaga tambahan. Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam dikabarkan akan menyusul ke Vietnam. Kedatangan Asnawi akan menjadi kabar bagus buat Timnas U-23 di sektor bek kanan. ***