PEKANBARU - Lemak akan menempati bagian mana saja yang ada di dalam tubuh kita. Salah satunya yang paling sering terlihat adalah bagian perut. Karena itu, perut jadi terlihat buncit.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit, misalnya saja dengan cara mengonsumsi berbagai macam suplemen. Mengonsumsi suplemen untuk menghilangkan perut buncit adalah cara instan yang dampaknya tidak baik bagi kesehatan. Karena itu, bisa nih mencoba diet untuk mengecilkan perut yang bisa dilakukan secara alami.

Melansir dari Medical News Today, lemak visceral atau juga dikenal sebagai lemak perut adalah jenis lemak yang berguna untuk melindungi organ di dalam perut.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki beberapa lemak di sekitar perut, tetapi jika dalam jumlah besar, hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Jenis lemak ini juga bisa membuat perut seseorang terlihat buncit.

Ada beberapa tips diet alami yang bisa kita lakukan untuk menghempaskan perut buncit, nih. Kalau penasaran, simak penjelasannya berikut ini yang sudah Bubun rangkumkan dari laman Healthline dan Medical News Today.

1. Hindari makanan dan minuman yang dimaniskan dengan gula.

Makanan dan minuman dengan tambahan gula bisa menjadi faktor utama kenaikan berat badan, terutama di daerah perut dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan Bunda. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa, kelebihan gula dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut dan organ hati.

Gula terdiri dari setengah glukosa dan setengah fruktosa. Ketika Bunda mengonsumsi banyak gula tambahan, hati akan kelebihan fruktosa dan dipaksa untuk mengubahnya menjadi lemak.

Biasanya, produk dengan gula tinggi terdapat pada minuman bersoda, jus buah dengan tambahan gula, dan berbagai minuman olahraga instan.

Namun, tidak perlu menghindari makan buah utuh. Hal ini karena buah-buahan tersebut mengandung rasa manis alami dan memiliki banyak serat yang bisa mengurangi efek negatif fruktosa.

2. Konsumsi lebih banyak protein

Mengonsumsi banyak protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar, sehingga menjadikannya cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa protein sangat efektif untuk menghilangkan lemak perut.

Dilansir dari Medical News Today, sumber protein tanpa lemak dapat ditemukan pada kacang-kacangan dan daging tanpa lemak. Menambahkan ini ke dalam makanan dapat membantu mendorong perasaan kenyang setelah makan dan mengurangi keinginan untuk camilan manis.

Sedapat mungkin jug mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan mengonsumsi daging berlemak, termasuk daging sapi dan daging olahan.

3. Konsumsi lebih sedikit karbohidrat olahan

Makan lebih sedikit karbohidrat olahan adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi karbohidrat sangat efektif untuk menghilangkan lemak di daerah perut dan organ hati.

Karbohidrat olahan biasanya dapat ditemukan pada roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis. Bisa mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum.

Konsumsi makanan kaya serat Dilansir dari Medical News Today, sebuah riset menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, yaitu suatu kondisi yang terkait dengan akumulasi lemak visceral dan mengatasi kelebihan berat badan, serta membantu mengatur gula darah. Selain itu, mengonsumsi sebanyak 10 gram serat larut per hari juga dikaitkan dengan pengurangan 3,7% jumlah lemak di rongga perut.

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan mengonsumsi makanan nabati, termasuk sayuran, buah, kacang-kacangan, serta beberapa sereal, seperti gandum utuh.

4. Berolahraga rutin

Olahraga adalah salah satu cara terbaik yang dapat Bunda lakukan untuk meningkatkan peluang hidup panjang, terhindar dari penyakit, dan tentunya mengurangi lemak perut yang membuat perut terlihat buncit.

Coba lakukan latihan kardio yang bisa memompa jantung, membakar kalori, mengurangi lemak perut, dan mengencangkan otot. Beberapa yang termasuk latihan kardio adalah berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang. Selain itu, latihan HIIT (High Intensity Interval Training) juga bisa dicoba, nih.

Mungkin bisa lakukan dengan berjalan selama 3 menit dan dilanjutkan berlari selama 30 detik. Penelitian menunjukkan, HIIT dapat mengurangi lemak tubuh lebih efektif daripada jenis olahraga lainnya.

5. Lacak asupan makanan

Kebanyakan orang memahami bahwa penting untuk mengetahui apa yang dikonsumsi, tetapi banyak juga yang tidak tahu secara spesifik kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut.

Melacak asupan makanan bukan berarti harus menimbang dan mengukur semua yang dimakan. Melacak asupan sesekali selama beberapa hari berturut-turut dapat membantu Bunda menyadari apa hal yang harus diubah.

Jika mengetahui kandungan yang ada pada makanan, lebih mudah menentukan perencanaan ke depannya, seperti apakah harus meningkatkan asupan protein hingga 25-30% kalori atau mengurangi karbohidrat yang tidak sehat. ***