PEKANBARU - National Paralimpic Comitte (NPC) Riau menurunkan 8 judoka atau pejudo di pada pagelaran Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 yang berlangsung di Papua.

8 orang atlet judo yang diturunkan NPC Riau terdiri dari 5 altet putra dan 3 atlet putri, Cabor Judo mulai berlangsung 6-13 November 2021 memainkan pertandingan di GOR Trikora Uncen Kota Jayapura.

“Di arena Judo Peparnas, Riau memiliki berapa judoka andalan yang diproyeksikan bisa mewujudkan target raihan 4 medali emas," ungkap Pelatih Tim Judo Riau David Halomoan, Sabtu (6/11/2021).

David Halomon menjelaskan potensi didapatkannya medali emas ada di atlet Amia untuk kelas 43 kg putri, Nurhayati kelas 45 kg putri, Siska kepas diatas 70 kg putri dan Ishadi yang diandalkan pada kelas 50 kg putra.

GoRiau Tim judo Riau.
Tim judo Riau.

"Secara teknis persiapan 8 judoka untuk Peparnas XVI sudah sangat maksimal, sehingga bisa saja raihan medali juga akan datang pada nomor lainnya,” harapnya.

Untuk peta persaingan arena judo Peparnas sendiri, tim judo Riau mewaspadai kekuatan yang akan datang antara lain  dari tuan rumah Papua yang sudah pasti berambisi menggapai prestasi terbaik di arena multi ivent atlet atlet disabilitas nasional ini, termasuk juga Jawa Barat.

David Holomoan juga mengatakan Judo Riau akan mewaspadai kekuatan dari Jawa Barat dan juga sang tuan rumah Papua yang memiliki ambisi, semangat dan juga optimisme yang berlipat ganda.

Cabang olahraga Judo di Peparnas XVI akan mempertandingan kelompok Perorangan Putra 8 nomor pertandingan, Perorangan Putri 8 nomor pertandingan, Beregu Putri 1 (satu) nomor pertandingan, Beregu Putra 1 (satu) nomor pertandingan, Kelas Bebas Elite Putri 1 (satu) nomor pertandingan dan Kelas Bebas Elite Putra 1 (satu) nomor pertandingan.

Dari total nomor tersebut akan memperebutkan 112 medali masing-masing 28 medali emas, 28 perak dan 56 medali perunggu dengan menggunakan sistim quarter final repechage untuk tiga  golongan atau katagori B1, B2 dan B3. ***