PEKANBARU -PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), melalui para dealer di Riau, salah satunya Mitsubishi Suka Fajar, secara resmi meluncurkan generasi terbaru New Xpander dan New Xpander Cross di Riau secara virtual, Rabu (17/11/2021).

Peluncuran ini menandai mulai dipasarkannya varian terbaru dari dua jenis mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut.

Branch Manager Dealer Mitsubishi Suka Fajar, Budi Kurniawan menjelaskan bahwa secara umum dua varian mobil baru ini akan diperkenalkan ke masyarakat lewat pameran di Mal Ska Pekanbaru pada 18 - 21 November 2021.

Kedua model ini merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari model sebelumnya. Pada generasi ini, lini produk tersebut mengangkat tagline Be the Life Xpander.

Kedua kendaraan roda empat yang menjadi bagian dari ujung tombak pemasaran dari Mitsubishi, kini menawarkan sejumlah keunggulan dan pembaruan dari sebelumnya.

Salah satu yang diperhatikan yakni pada bagian safety kendaraan.

Brand Ambasador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar menjelaskan soal keselamatan, New Xpander dilengkapi dengan sistem keselamatan yang unggul, yaitu Dual SRS Airbags, struktur RISE Body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar, New Speed Sensitive Automatic Door Lock2, New Electric Parking Brake with Brake Auto Hold4, ABS -EBD, ESS.

Sementara khusus varian GLS dan Ultimate CVT dilengkapi pula ASC dengan BA, serta Hill Start Assist. Fitur keselamatan ini jadi perhatian penting Mitsubishi dalam menghadirkan varian mobil keluarga.

Menurut Rifat Sungkar, pada varian baru Xpander ada beberapa kelebihan dan keunggulan yang akan dirasa pengguna. Antaranya desain baru pada sisi eksterior dengan bahasa desain Dynamic Shield yang telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih gagah, modern dan mewah. Desain ini meningkatkan karakteristik SUV yang lebih aktif.

Pembaruan eksterior terdapat New Front Bumper Design, New T-Shape Headlight with LED2, New Rear Design, New T-Shape LED Tail Light, Side Sill Garnish, Electric Switch Tail Gate Door Handle, New 17” Two Tone Alloy Wheel3, kabin yang lebih mewah dan nyaman, dengan peningkatan kualitas interior.

Selain itu New Xpander juga menawarkan kemewahan dan kenyamanan pada sisi interior dengan kabin berkualitas tinggi, ruang interior yang luas dengan total 19 ruang penyimpanan, serta pilihan konfigurasi kursi terbaik di kelasnya, memberikan kemudahan dan utilitas maksimal.

"Pembaruan interior pada New Xpander terdapat pada New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch, New Interior Color & Accent, New Digital AC Panel4, New 8” Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA)4, New Design Meter Cluster with Opening Animation4, New Design Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch, New Rear AC Garnish, New Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad4, New 3-Dimension Seat Design, New Console Tray & Card Holder, New Rear Armrest with Cup Holder, New Floor Console with Armrest4, New Rear USB Port on Front Console4, KOS dan Start Stop Button4, serta Cruise Control3," jelasnya.

Untuk menunjang performa, kendaraan ini dibekali dengan pilihan transmisi New CVT, untuk pengalaman berkendara yang lebih nyaman, menyenangkan, memberikan efisiensi dan kenyamanan tinggi.

Sementara itu, untuk New Xpander Cross penyegaran dilakukan pada bagian performa, interior dan eksterior.

Ia menjelaskan pengembangan performa, New Xpanser Cross terdapat pada New CVT, dengan segala manfaat dan keunggulan.

Pada sisi eksterior, mobil ini tetap mempertahankan tampilan tangguh dan mewah. Grille New Xpander Cross mendapatkan penyegaran dengan New Black Metallic Grille yang memperkuat tampilan Tangguh nan mewah dari sebuah SUV.

Pada sisi interior kendaraan ini hadir lebih mewah dan elegan yang meningkatkan kenyamanan berkendara, dengan penyematan nuansa interior yang berbeda dari New Xpander.

"Dengan kombinasi warna navy dan hitam, memberikan kesan elegan dan sporty sesuai dengan karakteristiknya. Interior New Xpander Cross hadir dengan sorotan penyegaran pada New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch, New Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad, New Interior Color (Black & Navy Blue), Console Tray & Card Holder, New Floor Console with Armrest5, New Digital AC panel, New 9” WSVGA Capacitive Touch Panel Display with Smartphone-Linked Display Audio (SDA), New Design High Contrast Meter Cluster with Color MID, New Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch, New Synthetic Leather Seat with Heat Guard Function6, New Rear Armrest with Cup Holder, New Rear Dial AC Garnish, New Rear USB Port on front console5.

Sistem dan Fitur Keselamatan

Beberapa sistem dan keselamatan baru yang telah disematkan pada mobil ini antaranya New Speed Sensitive Automatic Door Lock, New Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold5.

Hadirnya dua varian mobil ini jadi harapan baru bagi market Mitsubishi.

Group Head of Regional Sales MMKSI, Budi Darmawan mengatakan untuk kelas Low Mpv varian Xpander di Riau menguasai 26 persen market share.

"Hadirnya lini produk baru ini jadi angin segar tentunya dalam mendongkrak pasar dikelas MPV," ungkapnya.

Ia menuturkan dalam memenangkan persaingan, tentunya bersama para dealer Mitsubishi berkomitmen memberikan layanan after sales terbaik.

Salah satu layanan after sales yang diberikan bagi pelanggan yakni garansi dan jaminan maintenance kendaraan selama empat tahun.

Tak hanya itu, memudahkan konsumen mendapatkan layanan, Mitsubishi juga menyediakan layanan digital lewat aplikasi My Mitsubishi.

Dirinya juga memaparkan adanya relaksasi PPnBM serta tengah adanya kenaikan harga sawit akan sangat memberi peluang besar berkembangnya market.

"Hampir separuh pelanggan kita berasal dari kalangan sektor industri sawit. Kita tentu harap jni akan memberi dampak baik," ungkapnya. ***