SIAK - Beberapa kecamatan di Kabupaten Siak, Riau memiliki lahan persawahan dengan total luas mencapai 4.200 hektar. Hal ini ternyata belum bisa memenuhi 100 persen kebutuhan beras masyarakat Kabupaten Siak.

Hal itu dikatakan Bupati Siak, Alfedri pada panen perdana di persawahan Tanjung Pelelang, Dusun Benio, Kampung Harapan, Kecamatan Sungai Apit, Rabu sore (5/2/2020) lalu.

""Meskipun rata-rata sekarang persawahan di Kabupaten Siak, sudah memasuki masa tanam kedua, akan tetapi baru bisa memenuhi 75 persen kebutuhan beras di Kabupaten Siak," kata Alfedri kepada GoRiau.com.

Pria yang sejak kecil juga sudah hobi ke sawah ini berharap kedepannya bakal banyak area persawahan baru, sehingga dapat memenuhi kebutuhan beras untuk masyarakat Siak dan sekitarnya.

Pertanian, kata Alfedri, merupakan salah satu program prioritas Nasional, karena terkait dengan kedaulatan pangan nasional.

"Oleh karena itu, apa yang dimintak oleh para petani untuk meningkatkan kualitas dan produksi perkebunan maupun persawahannya, akan kami usahakan," ucapnya.

Alfedri juga berpesan kepada para petani, untuk membayarkan zakat pertaniannya ketika sudah panen, agar hasil panen semakin bertambah banyak dan berkah.

Camat Sungai Apit, Wahyudi mengatakan luas sawah yang panen perdana itu mencapai 81 hektar dengan produksi per hektarnya mencapai 5,3 ton. ***