PANGKALANKERINCI - Belasan guru teknik otomotif dari tiga SMK mengikuti pelatihan sertifikasi Guru Teknik Alat Berat yang diselenggarakan PT Riau Andalan Pulp and Paper(RAPP) di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) Town Site 2, Pangkalan Kerinci, Kamis (6/2/2020).

Menurut Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Drs H Pahmijan Mpd, kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergitas antara swasta dan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Pahmijan mengatakan dalam program ini meningkatkan pengetahuan para guru jurusan alat berat yang nantinya apa yang mereka dapat dari pelatihan ini akan diajarkan kepada para siswa di sekolah sehingga dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di era 4.0 ini.

''Selain itu, guru juga mengetahui bagaimana bisnis berjalan sehingga ia bisa memberikan gambaran kepada para siswanya bagaimana dunia kerja nanti. Kami apresiasi dengan RAPP yang telah memberikan kesempatan langka ini kepada para tenaga pendidik kami. Semoga bisa ditiru pihak lain,'' tuturnya.

Guru jurusan otomotif dari SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Abdul Rasyid Rangkuti mewakili peserta dari tiga SMK yang mengikuti pelatihan ini mengaku kegiatan ini sangat diharapkan banyak guru otomotif. Belum pernah ia mendapatkan training alat berat dan langsung dihadapkan dengan alat berat tersebut. Ia bersyukur bisa mendapatkan ilmu seperti ini untuk diajarkan kepada para siswa di sekolah.

''Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk para guru. Nantinya kami akan ajarkan ke siswa di sekolah. Setiap minggu kami mengajak siswa ke RAPP untuk belajar alat berat. Itu dilakukan untuk mempraktekkan ilmu yang mereka dapatsekaligus mempersiapkan mereka agar mengetahui bagaimana kerja. Jadi tidak terkejut saat magang dan lulus nanti,'' tuturnya.

Manajer Community Development (CD) RAPP, yang memfasilitasi pelatihan ini, BR Binahidra Logiardi mengatakan program ini diikuti oleh guru guru dari SMKN 1 Pangkalan Kerinci, SMKN 1 Teluk Kuantan dan SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, merupakan komitmen perusahaan terhadap pengembangan dunia pendidikan.

RAPP memberikan softskill kepada para guru agar meningkatkan jumlah lulusan SMK yang siap kerjam Program ini adalah salah satu bentuk komitmen RAPP terhadap dunia pendidikan demi terwujudnya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin ke empat yakni kesempatan belajar bagi semua.

''Kami berharap setiap program yang ada bisa memberikan manfaat kepada para guru dan siswa. Dan juga ketika perusahaan mencari tenaga kerja untuk operator alat berat, tidak perlu susah payah mencari tenaga kerja,'' tutupnya. (rls)