TELUKKUANTAN - Kabupaten Kuantan Kuantan Singingi (Kuansing), Riau kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2019.

Ini merupakan tahun kesembilan Kuansing meraih opini WTP secara berturut-turut. Karena itu, Kuansing mendapat tropi dan sertifikat oleh BPK RI yang diserahkan oleh T. Ipoeng Andjar Wasita selaku Kepala BPK RI Perwakilan Riau ke Bupati Mursini, Selasa (30/6/2020) di Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu, Ipoeng menyatakan bahwa pemberian opini WTP didasarkan pada kriteria kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian internal.

"Karena itu, opini WTP bukan merupakan jaminan bahwa laporan keuangan bebas dari fraud (kecurangan)," ujar Ipoeng dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kuansing Hendra AP mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mempertahankan WTP.

"Alhamdulillah, sudah sembilan kali berturut-turut Kuansing meraih WTP. Terimakasih untuk semua OPD," ujar Hendra.

Beberapa catatan yang diberikan BPK RI atas LKPD Kuansing 2019 menjadi bahan evaluasi agar lebih baik ke depannya.

"Dengan opini WTP ini, Kuansing berpeluang untuk mendapatkan DID tahun 2021 mendatang," ujar Hendra.***