BENGKALIS, GORIAU.COM - Perwakilan Kepolisian Japan International Coorporation Agency (JICA) yang diwakili Senior Super Intendent Anzai berkunjung ke Kabupaten Bengkalis untuk meninjau kerjasama bidang keamanan dan pelayanan antara Polri dan masyarakat di wilayah hukum Polres Bengkalis

 Senior Super Intendent Anzai yang datang ke Bengkalis untuk melakukan kunjungan kerja di Desa Teluk Latak, Kecamatan Bengkalis, Senin (9/6/) malam. Dalam kunkernya, didampingi Brigjen Pol Musyafad dari Mabes Polri, Direktur Binmas Polda Riau Kombes Pol Sugiyono, Kapolres Bengkalis AKBP Andry Wibowo berserta rombongan disambut antusias masyarakat dan Kades Alif Hartanto.

Ketika kunjungannya di desa terbaik dalam bidang keamanan masyarakat di Bengkalis ini, Anzai mengapresiasi kinerja Polres Bengkalis yang dianggap sudah mampu dan berjaya dalam menciptakan poskamling yang aktif demi menciptakan keamanan di tengah- tengah masyarakat.

''Tujuan kedatangan saya disini adalah untuk mengecek kerjasama Kepolisian Japan dengan Polri dalam bidang keamanan masyarakat itu bagaimana. Saya bangga sekali kerja Polisi dengan masyarakat disini sangat bagus, mungkin bisa dikatakan nomor 1 di Sumatera,'' ujar Anzai dalam logat Indonesia di halaman Kantor Desa Teluk Latak.

Dikatakan Anzai di hadapan masyarakat Teluk Latak, kondisi yang sudah tercipta baik ini diharapkan lebih ditingkatkan lagi melalui berbagai aktivitas- aktivitas kerjasama antara polisi dan masyarakat untuk mewujudkan rasa aman.

''Rasa aman itu adalah bagaimana masyarakat itu dapat ketenangan, atau angka kriminalitas menurun. Kalau desa ini adalah salah satu yang poskamling mendapat penghargaan terbaik, ini harus dijadikan contoh untuk wilayah lain. Kalau di Teluk Latak bisa nomor 1 pasti juara 2 dan ada 3 nya ada di desa- desa lain. Saya berharap pertahankan prestasi ini dan jadi contoh bagi desa lain,'' ujar Anzai yang sebelumnya juga sempat berkunjung di poskamling lainnya yang ada di Teluk Latak.

Kapolres Bengkalis AKBP Andry Wibowo mengatakan bahwa dalam dalam mewujudkan keamanan di tengah- tengah masyarakat, langkah pertama yang dilakukan Polres Bengkalis adalah melalui pendekatan polisi dengan masyarakat.

''Wujud itu sudah tercipta di Desa Teluk Latak ini. Artinya apa, kami dari pihak Polres Bengkalis sudah berhasil merebut hati masyarakat dalam menjalin kerjasama untuk hal keamanan dan kenyamanan di tengah tengah masyarakat,'' ujar Kapolres.

Selain melakukan kunker di Desa Teluk Latak, Perwakilan Kepolisian Japan ini juga akan berkunjungan kedesa lainnya di Kabupaten Bengkalis, yakni Desa Teluk Lancar Kecamatan Bantan.(jfk)