BAGANSIAPIAPI - Jalan Penghulu Usman terletak di RT 007 RW 003 Bangko Kiri Kecamatan Bangko Pusako Rohil Riau sejak beberapa hari lalu terbelah dua karena dihantam derasnya air sungai.

Amlasnya aspal jalan sepanjang 50 meter ini dikeluhkan warga karena berimbas kepada aktifitas komoditi hasil pertanian dan kebun warga setempat.

Hal ini disebutkan Badrun (34), warga Bangko Kiri, Minggu (10/10/2021) saat ditemui di Pekan Minggu Bangko Kanan.

"Jalan itu amblas, akibat gerusan air sungai, itu akses jalan dari Bangko Kini, Bangko Kanan ke luar, sangat fital karena merupakan satu-satunya akses jalan di kampung kami,'' ucap Badrun.

Agar tetap dapat dilaalui, warga membuat jalan darurat dari pohon kelapa secara seadanya, "Kemaren masyarakat bergotong royong, namun sifatnya darurat dan sementara,'' ucap warga setempat.

Menurut warga, Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wabup H Sulaimsn SS, MH setelah menerima informasi amblasnya Jalan Penghulu Usman, langsung menginstruksikan Kadis PUTR Rohil turun meninjau kondisi jalan tersebut.

"Ada petugas datang melihat jalan ini tetapi hingga hari ini belum ada tanda-tanda Dinas PUTR Rohil memperbaikinya," ucap Badrun.

"Semoga dalam waktu dekat diperbaiki kembali,'' ambah Badrun dan menurut warga sudah pula berkomunikasi dengan Camat Bangko Pusako Bukhori SAg tentang rusaknya jalan tersebut. ***