SIAK - Kabut asap yang terjadi dalam dua hari terakhir di pusat kota Siak, Riau, sempat dikhawatirkan warga. Pasalnya sudah lama bencana kabut asap tidak menghampiri kota Istana Matahari Timur ini.

"Kalau ga hujan hari ini, mungkin bencana asap bakal melanda kota Siak. Tadi pagi begitu terasa kabut asapnya, kita ga tau berapa luas lahan yang terbakar," kata Fita kepada GoRiau.com, Minggu (30/9/2018).

Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK melalui Paur Humas Polres Siak, Bripka Dedek Prayoga membenarkan adanya kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Siak.

Lahan gambut kebun sawit seluas 1 hektar milik Syamsurizal di KM 23 Kampung Koto Ringin, Kecamatan Mempura, Siak terbakar, Sabtu (29/8/2018) sekitar pukul 13.30 WIB.

"Lahan kebun sawit milik warga yang terbakar itu masih berusia 5 tahun. Penyebab kebakarannya masih dalam lidik, akses jalan ke sana mudah terjangkau dan api juga sempat dipadamkan," kata Dedek Prayoga.

Untuk pemadaman api tersebut, lanjutnya, diturunkan tim gabungan yang terdiri dari 8 orang Manggala Agni, MPA 10 orang, masyarakat 5 orang dan Polri 4 orang. ***