NUSA DUA - Unggulan kedelapan ganda campuran asal Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet sukses melangkah ke final Turnamen Bukutangkis Indonesia Masters 2021. Awalnya, Tang/Tse yang nyaris menemui kekalahan, namun akhirnya bisa bangkit membalikkan keadaan.

Dalam pertandingan semifinal di Bali International Convention Centre & The Westin Resort, Nusa, Bali, Sabtu (20/11/2021), Tang/Tse membuat kejutan besar di kejuaraan berhadiah total 600 ribu dolar AS itu dengan menjinakkan perlawanan ketat Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Mereka mengalahkan pasangan unggulan ketiga asal Jepang itu dengan skor 18-21, 21-19, 21-17 dalam tempo 76 menit.

"Kami tidak menyangka bisa menang, sebab tadi pertandingan sangat ketat. Berbeda dengan kemarin," komentar Tang.

Dia mengaku saat di perempatfinal, Jumat (19/11), dirinya bertarung dengan tempo lambat dan tidak menguras stamina. "Kini fisik kami seperti terkuras. Yuta bermain bagus dan cepat sekali. Beberapa kali bola tersangkut di net. Tapi kami coba perbaiki," imbuh Tang.

Sedangkan Tse lebih banyak menerima bola dan membangun pertahanan dengan maksimal. Dirinya juga mengaku masih tidak percaya bisa menjejakkan kaki di babak final.

"Saya senang sekali bisa ke final. Sulit diungkapkan dan dibayangkan sebelumnya," ujar Tse.

Menurut Tse, dia berupaya melapis Tang dengan menahan laju pukulan keras Yuta dan drop shot dari Arisa. "Kami mencoba bermain yang terbaik saja. Momentum ini harus bisa dijaga untuk bermain di babak final," tutur Tse.

Pada laga pamungkas, Minggu (21/11), Tang/Tse akan menghadapi duet unggulan teratas, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Wakil Thailand ini harus mengeluarkan ekstra tenaga untuk mengalahkan ganda non unggulan Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Eom Hye Won 26-24, 21-17 dalam waktu 54 menit. ***