PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Dua pekan menjelang lebaran, sebagai persiapan untuk merayakan lebaran, bagi sejumlah warga yang memiliki uang pas-pasan lebih memilih berbelanja pakaian bekas di sejumlah kios-kios pakaian bekas (monza) di Pasar Baru Pangkalan Kerinci. Puluhan kios monza yang ada di Pasar Baru ramai diserbu warga, Minggu (13/7/2014).

Begitu monza dibuka dari karung (ball) oleh pedagang, warga yang sudah menunggu langsung menyerbu dan berebut untuk mendapatkan pilihan terbaiknya. Para pedagang monza di Pasar Baru ini sengaja membuka ball pakaian bekasnya pada hari-hari tertentu.

"Alhamdulillah minggu ini agak ramai, omzet naik karena banyak yang datang,"ungkap Dony, salah seorang pedagang monza di Pasar Baru, Pangkalan Kerinci.

Disebutkan Dony, tidak setiap hari dirinya membuka ball monza, hanya pada hari-hari tertentu saja Dony sengaja membuka ball monza, hal ini dimaksudkan agar barang yang ada bisa laku dan mengundang para pembeli untuk datang memburu daganganya.

"Hari Sabtu dan Minggu saja kita buka ball baru, biasanya pembeli sudah nunggu saat ball dibuka,"terangnya.

Dony menambahkan, ia dan pedagang monza lainnya mengaku, tak menetapkan harga pasaran monza dengan harga tinggi, harga bervariasi mulai dari Rp5000/potong sampai Rp15 ribu/potong dan harga diatas Rp25 ribu untuk jenis pakaian tertentu seperti celana jeans dan jaket.

"Namanya juga pakaian bekas, namun disini rata-rata eks dari luar negeri. Untuk kualitas maupun merek dari monza ini tak kalah dengan kualitas pakaian baru,"ujarnya.

Seorang pembeli pakaian monza mengaku sengaja membeli pakaian monza di Pasar Baru Pangkalan Kerinci karena lebih murah dan kualiatasnya yang baik.

Ia juga mengaku membeli pakaian monza untuk memenuhi kebutuhan pakaian sehari-hari bahkan tak menutup kemungkinan untuk berlebaran.

"Lumayan bisa menghemat uang belanja. Lumayan, biar bekas yang penting bisa ganti pakaian,"katanya.

Puluhan kios monza yang ada di Pasar Baru Pangkalan Kerinci menjual beragam jenis pakaian, mulai dari pakaian anak-anak hingga orang tua. Tak hanya pakaian, tas, horden dan seprei bekas juga tersedia di pasar monza itu.(rkn)