PEKANBARU – Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) mendatangi Kantor DPRD Riau dalam rangka menyampaikan beberapa tuntutan kepada DPRD Riau.

Dalam aksi unjuk rasa yang berlangsung damai dan singkat itu, massa menyinggung terkait adanya oknum-oknum yang mengganggu Gubernur Riau, Syamsuar, dalam menjalankan tugasnya membangun Riau.

Dalam orasinya, massa menegaskan bahwa mereka tidak memback up Gubernur Syamsuar, tapi mereka hanya ingin menjaga Datuk Setia Amanah yang menjadi sasaran oknum-oknum tersebut.

"Siapapun gubernurnya, pasti Datuk Setia Amanah. Kalau Datuk Setia Amanah dicoreng mukanya sama saja mencoreng muka kami. Kalau besok ada demo tandingan, kami siap lebih banyak," kata salah seorang massa aksi dalam orasinya, Kamis (9/6/2022).

Massa akhirnya membubarkan diri setelah perwakilan dari DPRD Riau, yakni Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung, menemui mereka di depan pagar. Robin memastikan tuntutan massa akan diteruskan ke pimpinan DPRD Riau.

"Kami minta aspirasi tertulis supaya jelas dan bisa kita sampaikan ke pimpinan DPRD Riau. Kami akan menerima langsung aspirasi dari Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Riau. Nantinya kami teruskan kepada pimpinan DPRD Riau, agar melaksanakan aspirasi ini bersama dengan Forkopimda Riau," kata Politikus PDIP itu.

Berikut isi aspirasi yang disampaikan LLMB Riau kepada DPRD Riau:

1. Kami dari Elemen Pemuda Melayu Masyarakat Riau siap menjaga marwah pemimpin Riau, Datuk Setia Amanah.

2. Kami siap melindungi aparat hukum yang diintervensi dari pihak manapun yang sarat dengan kepentingan ekonomi dan politik di tanah Melayu ini.

3. Mendukung aparat hukum bekerja sesuai dengan aturan perundang-undangan, aparat hukum tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun yang punya kepentingan ekonomi dan politik.

4. Kami tidak mau negeri Melayu ini dibuat gaduh oleh pihak-pihak yang sarat dengan kepentingan ekonomi dan politik.

5. Kami akan meminta kepada Lembaga Adat Melayu Riau untuk memberi sanksi adat mengusir dari tanah Melayu Riau kepada para oknum yang membuat rusuh dan melecehkan Datuk Setia Amanah. ***