TAPANULI UTARA – Mobil minibus jenis Toyota Innova Reborn nomor polisi BK 1122 EW, terjun ke jurang sedalam 100 meter, di Jalan Balige, Kelurahan Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (13/8/2022) malam.

Dikutip dari Sindonews.com, Kasi Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, 4 penumpang Avanza tewas akibat kecelakaan tersebut. Keempatnya tewas di lokasi kejadian.

Semua korban tewas merupakan warga Desa Parbuluan Lima, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Sumut. Mereka adalah Bonari Sagala (30), Mangasi Sagala (78), Sabam Sagala (60) dan Jahipas Sagala (67).

Dijelaskan Walpon, saat kejadian di dalam mobil ada lima orang, yakni satu pengemudi dan 4 penumpang. Satu orang penumpang selamat yakni, Frinandus Nainggolan (35) yang juga satu desa dengan penumpang lainnya.

Dari hasil olah TKP dan keterangan saksi, ungkap Walpon Baringbing, diketahui mobil Avanza yang dikemudikan oleh Bonari Sagala datang dari arah Tarutung, Taput menuju Kecamatan Siborongborong, Taput.

''Setibanya di tempat kejadian, mobil yang dikemudikan oleh Bonari Sagala mengalami slip, hingga lepas kendali dan masuk ke jurang sedalam 100 meter di sebelah kiri searah tujuannya,'' sebut Walpon Baringbing kepada MPI, Ahad (14/8/2022).

Sebelum mobil masuk ke jurang, ujar Walpon Baringbing, ada motor jenis Honda Supra nomor polisi BK 3484 OAL sedang parkir di pinggir jalan sebelah kiri arah ke Siborongborong, milik Tribogal Marbun (18), warga Desa Pangindoan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumut. Lalu mobil tersebut menabrak motor dan mendorongnya ikut masuk ke jurang. Sedangkan pemilik motor saat itu berdiri jauh dari motornya, sehingga tidak ikut tertabrak.

Kondisi di tempat kejadian, tutur Walpon, jalan menikung serta licin diduga ada tumpahan minyak di badan jalan.

Keempat korban meninggal dunia masih ada hubungan keluarga. Pengemudi mobil Bonari Sagala adalah anak kandung korban meninggal Mangasi Sagala. Dua orang korban lainnya, masih saudara dekat.

''Informasi yang kita diperoleh, korban pulang menghadiri acara pesta dari Kota Sibolga, Sumut, dan hendak pulang ke Dairi,'' ujar Walpon Baringbing.

Untuk mengevakuasi korban dari dalam jurang, lanjut Walpon Baringbing, semua kekuatan Polres dikerahkan.

''Korban dan mobilnya bisa kita evakuasi dari jurang, Minggu dini hari, 14 Agustus 2022, sekira pukul 04.00 WIB. Saat ini korban yang meninggal dunia masih di Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung, guna dilakukan visum. Dan korban selamat Frinandus Nainggolan, juga masih dirawat intensif, karena mengalami luka-luka,'' pungkasnya.***