SELATPANJANG, GORIAU.COM - Masker merupakan alat yang tak terpisahkan dari keberadaan asap. Hampir tiap tahun pihak terkait membagikan masker karena Riau sepertinya sudah langgapan asap setiap tahunnya.


Beberapa wilayah saat ini telah terkena dampak asap. Termasuk kabupaten termuda se Riau.
Banyak pula pihak, baik dinas maupun swasta membagikan masker tanda mereka peduli akan kesehatan masyarakat di Riau. Pembagian itu pun hampir setiap kabupaten kota di Riau.
Di Kota Sagu misalnya, pihak Diskes Meranti telah membagikan masker kepada masyarakat. Bagi masyarakat banyak, jika ingin mendapat masker juga boleh langsung ke Puskesmas untuk mengambil masker.
Namun, banyak pula masyarakat Meranti tidak menggunakan masker itu. Salah satu alasan yang dikemukan terkadang sedikit masuk akal.
Seperti yang diungkapkan Rojali, ketika ditemui di Selatpanjang, Minggu (13/9/2015). Meski ada asap di Meranti, laki-laki bertubuh tinggi itu tidak mengenakannya. Kata Rojali, percuma pakai masker kalau merokok tetap saja dilakukan.
"Alasan pakai masker takut asap, takut kesehatan terganggu. Sebenarnya paling bahaya itu asap rokok. Lah ngapain pakai masker kalau merokok tetap saja dilakukan," ujar Rojali sambil tersenyum.
"Kadang paling parah itu, mereka minum minuman keras. Itu lebih bahaya dari asap sekarang ini," ujar temannya, Ilham, kepada GoRiau.(zal)