PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Riau memberikan sertifikat penghargaan kepada 52 karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang rutin mendonorkan darahnya 10 kali dalam Kegiatan Donor Darah Massal ke-44 yang diselenggarakan oleh Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Kompleks di Hotel Unigraha, Komplek RAPP, Pangkalan Kerinci, Riau, Sabtu (12/9). Para penerima penghargaan ini pun semakin antusias mengikuti donor darah yang rutin diselenggarakan oleh KDD setiap 3 bulan sekali.


Salah seorang penerima penghargaan, Sahat Sitompul (42), mengaku sangat senang bisa mendonorkan darahnya untuk masyarakat. Karyawan Departemen Research and Development (R&D) itu menceritakan awalnya dia tidak tertarik untuk mendonorkan darahnya karena takut. Namun, sekitar 3 tahun lalu dirinya bertemu seorang wanita yang menantangnya untuk donor darah.


"Sejak saat itu, saya mulai tertarik untuk donor darah dan sempat berkonsultasi dengan dokter tentang manfaatnya bagi kesehatan tubuh, ke depan saya akan rutin ikut donor darah demi kepentingan sosial. Darah kita akan berguna untuk orang lain," ungkapnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/13092015/donor2jpg-3009.jpg
Karyawan RAPP antusias mengikuti kegiatan Donor Darah Massal ke-44 yang diselenggarakan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Dia berharap bisa terus donor darah hingga 100 kali agar bisa mendapatkan penghargaan dari presiden. "Semoga dengan kegiatan ini, bisa memotivasi karyawan lainnya untuk terlibat aktif mendonorkan darah. Saya ingin sampai 100 kali, biar bisa jumpa presiden. Kalau panjang umur," ujarnya sambil tertawa renyah.

Ads

Ketua KDD Riau Komplek, H. Raylus Nurdin, mengungkapkan penghargaan ini merupakan salah satu kebanggaan yang dimiliki RAPP karena membuktikan karyawan RAPP memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap masyarakat.


"Dalam kegiatan KDD ke-44 ini, ada lebih dari 50 orang yang terdiri dari karyawan dan keluarganya yang menerima penghargaan untuk 10 kali donor. Ini sangat baik sekali," kata Raylus.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/13092015/donor3jpg-3008.jpg
Para peserta donor darah sedang melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mendonorkan darah mereka.

Menurutnya, penghargaan yang diraih oleh karyawan RAPP dalam bidang sosial seperti donor darah menjadi salah satu motivasi KDD untuk terus menyelenggarakan kegiatan donor darah karena antusiasme pendonor yang semakin tinggi dalam setiap kegiatan.


"Setiap kegiatan donor darah ini, antusiasme karyawan tidak pernah hilang. Walaupun asap begini juga, mereka (karyawan.red) masih tetap datang untuk menyumbangkan darah mereka," ungkapnya.


Disampaikan Raylus, kegiatan donor darah yang rutin dilakukan ini bisa bermanfaat baik bagi pendonor maupun masyarakat banyak.


"Tujuan kita dengan kegiatan donor darah ini kan supaya bisa membantu keluarga yang membutuhkan. Darah yang didonorkan para karyawan ini sangat bermanfaat," ucap Raylus.


Dalam kegiatan Donor Darah ke-44 ini, RAPP berhasil mengumpulkan kantong darah sebanyak 371 kantong dengan total 129.850 Cc darah. Mewakili management RAPP, Koordinator Community Religius Affair (CRA), Ishak, mengapresiasi jiwa sosial yang dimiliki karyawan RAPP. Ishak menambahkan, perusahaan akan selalu mendukung segala kegiatan yang bersifat positif bagi karyawannya dan juga masyarakat. (rls)