PEKANBARU - Walaupun Yusup Prasetyo belum memimpin jalannya latihan PSPS Riau dari awal pekan lalu, namun PSPS Riau sudah memastikan akan menggunakan jasanya sebagai pelatih kepala untuk mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia musim ini.

Yusup Prasetyo, pria Betawi ini sebelumnya merupakan asisten pelatih Kelantan FC yang bermain di kancah tertinggi kompetisi sepakbola Malaysia.

Dengan target Lolos ke Liga 1 musim depan, management PSPS Riau yakin bahwa pelatih berusia 32 tahun ini mampu membawa tim kebanggaan masyarakat Riau ini untuk promo ke Liga 1 Indonesia.

"Saat ini Kelantan berada di posisi 1, mungkin ini menjadi pertimbangan. Dan pertimbangan lain adalah Presiden Klub (Norizam Tukiman) sudah melihat langsung kinerja dari Coach Yoyo," kata General Manager PSPS Riau, Edward Riansyah, Kamis (9/6/2022).

Sebagai informasi, PSPS Riau dan Kelantan FC memiliki DNA yang sama. DNA itu berasal dari Norizam Tukiman pengusaha asal Malaysia sang pemilik PSPS Riau dan juga Kelantan FC.

Selain itu Yusup Prasetyo atau Coach Yoyo bukan wajah baru di PSPS Riau, musim lalu Yoyo merupakan bagian dari PSPS Riau. Dia menempati jajaran kepelatihan dibawah komando dari pelatih kepala Jafri Sastra.

"Karena sebelumnya pernah di PSPS, Coach Yoyo berkemungkinan juga sudah memahami budaya dan juga kultur dari PSPS Riau," jelasnya.

Saat ini Yoyo sudah mengantongi lisensi kepelatihan A AFC dan meskipun masih tergolong muda, namun Yusup Prasetyo sudah memiliki segudang pengalaman dalam dunia si kulit bundar. Tercatat Yoyo pernah menimba ilmu analisa taktik di Borussia Monchengladbach Academy (2017), VVV Venlo Academy (2017), Ajax Amsterdam Academy (2018), Liverpool Academy (2018), Valencia Academy (2018), dan Benfica Academy (2019).

Sambung Edu, dengan segudang pengalamannya ini management melihat Yusup Prasetyo merupakan pelatih muda yang potensial.

"Karena masih usia muda tidak ada salahnya untuk kita berikan kesempatan, dan untuk pelatih yang tua dan sudah banyak pengalaman juga tidak bisa dipastikan akan bisa menang," beber Edu. ***