PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar berharap olahraga dayung masuk kedalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).


DBON adalah salah satu merupakan program andalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Zainudin Amali, dengan adanya program DBON ini diharapkan pembinaan atlet menjadi lebih tertata.

"Dayung banyak menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia, dan ini sudah saya sampaikan kepada bapak Menpora (Zainudin Amali) beberapa hari yang lalu," katanya, Kamis (9/6/2022).

Lanjut Syamsuar untuk atlet dayung Riau sejauh ini selalu terjadi regenerasi yang cukup baik, selain itu juga para atlet dayung Riau sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Saya juga sudah sampaikan ke Ketua KONI Pusat (Marciano Norman), semoga olahraga dayung masuk kedalam program DBON," jelasnya.

Sementara itu Ketua KONI Pusat, Marciano Norman menerangkan dengan telah dikeluarkannya program DBON dan telah ditentukannya Cabang Olahraga (Cabor) dan atlet yang berprestasi, sasaran kedepannya adalah untuk ajang Olimpiade.

"Tahun 2024 ini kita target masuk peringkat 30 Olimpiade dan di 2032 bisa masuk kedalam 10 besar peringkat dunia," jelasnya.

Tentu hal tersebut tidak semudah apa yang dibayangkan, hal ini mengingat negara-negara lain juga pasti akan terus mengembangkan prestasi olahraga dan juga pembinaan para atletnya.

"Ini harus kerja keras dari seluruh pihak dan pengurus KONI harus bisa memperhatikan kondisi atlet dan juga fasilitasnya," tutupnya. ***