BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH memilih Taman Jembatan Pedamaran I sebagai lokasi pusat peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2022. Lokasi taman tersebut tepat berada tidak jauh dari jembatan ikonik Rohil, Pedamaran I, Kamis (9/6/2022).

Hadir pada acara tersebut Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Rohil Sanimar Spd, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, Ketua DPRD Rohil Maston dan Forkopimda Rohil. 

GoRiau

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir sekaligus Ketua Panitia, Suwandi mengatakan, pihaknya sengaja memilih titik kegiatan di dekat jembatan Taman Jembatan Pedamaran I yang sudah lama dibiarkan begitu saja.

"Taman ini kembali kami benahi, lalu akan didata ulang sedemikian rupa karena sejak lama terbengkalai, hari ini Kamis (9/6/2022), kita jadikan sebagai pusat peringatan Hari Lingkungsn Hidup se-Dunia,'' kata Suwandi. 

GoRiau

Dikatakan, DLH telah melakukan normalisasi, penataan kembali danau buatan untuk wahana wisata pemancingan, menanam 500 jenis tanaman pepohonan dan penaburan 10.000 benih ikan.

"10.000 ekor benih ikan mengisi danau buatan ini, lalu Minggu (13/6/2022) akan ada lomba melukis di hutan kota kelanjutan dari acara ini,'' ucap Suwandi di hadapan bupati, wakil bupati dan undangan lainnya.

Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong yang membacakan teks pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengatakan, Hari Lingkungan Hidup se-Dunia merupakan hasil sidang Majelis Umum PBB Tahun 1974 kemudian berlanjut hingga saat ini tahun 2022 kembali diperingati.

"Presiden RI pada G-20 mengundang kepala negara dan Menteri Lingkungan Hidup se-Dunia mengambil Tema Satu Bumi untuk Masa Depan," Sebut Afrizal Sintong.

''Saya mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup Rohil atas terselenggaranya peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Kabupaten Rohil dengan menghidupkan kembali ikon Taman Jembatan Pedamaran I," puji Afrizal Sintong.

Dengan kembali dibenahinya Taman Jembatan Padamaran I, diharapkan menjadi ikon destinasi rekreasi dan wisata yang mampu mengangkat potensi yang ada di Bagansiapiapi. ''Ini harapan kita semua,'' tutup Afrizal Sintong. ***