JAKARTA – Usianya baru 5 tahun, namun berat tubuh bocah perempuan bernama Harlow ini sudah mencapai 45 kilogram. Berat tubuh Harlow menyamai wanita dewasa karena terus-menerus ingin makan.

Dikutip dari rctiplus.com, Holly Williams, ibu Harlow, bahkan sampai harus memasang pagar bayi di pintu arah ke dapur agar Harlow tidak bolak-balik ke sana.

GoRiau Harlow, bocah penderita sindro
Harlow, bocah penderita sindrom Prader-Willi. (rctiplus.com)

"Memiliki gerbang bayi di pintu dapur membantu memastikan Harlow tidak masuk ke lemari di dapur," kata Williams kepada Caters, dikutip NY Post, Rabu (25/1/2023).

Diketahui Harlow terkena penyakit langka bernama sindrom Prader-Willi. Penyakit ini membuat seseorang kehilangan kromosom 15 yaitu kromosom yang bertanggung jawab untuk mengendalikan rasa lapar.

Ini yang membuat bocah perempuan itu terus menerus ingin makan. Penyakit tersebut sudah diketahui sejak Harlow berusia 6 bulan.

GoRiau Harlow, bocah penderita sindro
Harlow, bocah penderita sindrom Prader-Willi. (rctiplus.com)

Menurut Mayo Clinic, sindrom Prader-Willi adalah kelainan genetik yang langka, dan dapat bermanifestasi dalam masalah fisik, mental, dan perilaku pada mereka yang mengidapnya. Banyak komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit ini karena seseorang dengan sindrom Prader-Willi akan mengalami obesitas.

Untuk Harlow, ia mengalami gangguan dalam tumbuh kembangnya. Dia tidak bisa mengangkat kepalanya sampai dia berumur 8 bulan. Ia juga tidak bisa berjalan sampai dia berumur 2,5 tahun.

"Kami tahu ada yang salah ketika Harlow lahir, kata Williams. "Dia benar-benar lemah, tidak memiliki kekuatan, tidak menangis dan tidak mau menyusu dengan benar di botol."

Ke depannya, Williams berencana untuk membuat pintu ke arah dapur agar dapat dikunci. Semua ini dilakukan agar dirinya dapat mengontrol asupan yang dikonsumsi sang anak.

"Harlow kelebihan berat badan saat ini, jadi saya harus tegas dengannya dan mengatakan kepadanya bahwa dia tidak bisa makan lagi setelah dia makan," kata Williams.***