KANDIS - Sebanyak 42 permohonan akta kelahiran warga Kandis, Kabupaten Siak, Riau pada acara pelantikan perangkat Kampung Jambai tuntas dalam hitungan jam saja. Akta itu langsung diserahkan ke warga saat acara bersamaan.

Mudahnya pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak memang tak dipungkiri oleh Penghulu Jambai, Iriandi Simatupang. Aparat pemerintah terkait jemput bola agar masyarakat melengkapi administrasi kependudukannya.

"Bukan kali ini saja warga terbantu dalam pembuatan akta kelahiran. Sejak kepemimpinan Camat Kurniawan warga sudah mengaku sangat terbantu dalam pembuatan akta kelahiran dan kartu keluarga," kata Iriandi Simatupang, Kamis (16/8/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Camat Kandis Irwan Kurniawan menyampaikan aksi jemput bola untuk administrasi kependudukan yang dilakukan pemerintah Kecamatan ini sebagai langkah awal agar masyarakat dapat tertib administrasi kependudukan.

"Jangan nanti ketika diperlukan akta untuk anak sekolah, baru orangtuanya sibuk mengajukan permohonan pembuatan akta. Dan hari ini kita sudah tunjukan langsung kepada masyarakat bahwa pengursan akta kelahiran itu tidak ribet dan tidak lama jika masyarakat sendiri yang datang langsung mengurusnya," terang Irwan.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kabid Akta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Siak, Tengku Abdul Wahid yang turun langsung menyerahkan akta kelahiran warga Kandis ini.

"Terima kasih karena program didukung penuh disdukcapil kabupaten Siak ini dapat dilihat dengan kehadiran Kabid Abdul Wahid bersama anggota yang langsung hadir di kampung Jambai Makmur Kandis melakukan pelayanan ke masyarakat," tutupnya. ***