TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Bupati Indragiri Hilir, Riau, HM Wardan menerima penghargaan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) terbaik se wilayah Sumatera, Selasa (27/10/2015) di Hotel Harison, Makassar.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Sekjen KPA Nasional DR Kemal Siregar kepada Bupati Inhil saat pertemuan Nasional AIDS V.

Usai menerima penghargaan, Bupati Inhil mengaku bangga dengan KPA Inhil, yang telah bekerja dengan maksimal sehingga dapat meraih penghargaan tersebut.

''Dengan telah diterimanya penghargaan ini, saya harap, kinerja KPA Inhil lebih baik lagi, serta, bisa menekan angka penyebaran HIV dan AIDS di Negeri kita tercinta,'' tukas HM Wardan.

Sementara itu, Plt Dinas Kesehatan (Diskes) Inhil, Saut Pakpahan mengungkapkan, pertemuan Nasional AIDS sendiri adalah pertemuan rutin yang digelar setiap 4 tahun, yang mana, salah satu agendanya adalah memberikan penghargaan kepada KPA tebaik  kabupaten atau kota se Indonesia.

Dimana, untuk penghargaan di wilayah Sumatera, Kabupaten Inhil mendapat penghargaan sebagai kabupaten terbaik dalam hal penanggulangan AIDS.

''Penghargaan ini kita dapat, tidak lepas dari kepedulian Pemerintah, stekholder dan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS,'' ujar Saut.

Hingga saat ini, dikatakan Saut, sudah ditemukan 134 penderita HIV AIDS di Kabupaten Inhil, yang mana, obagi para pasien AIDS diberikan pengobatan secara cuma-cuma selama seumur hidup oleh Pemerintah.

''Untuk lebih meningkatkan peran KPA kedepannya, kita harapkan masyarakat mau memeriksakan diri dan mau berobat terkait dengan penyakit HIV dan AIDS ini ke sarana kesehatan yang sudah ditetapkan,'' harap Saut.(adv)