PEKANBARU, GORIAU.COM - Desas-desus nama calon pengisi Ketua DPRD Riau mulai mencuat pasca ditinggalkan Suparman yang maju di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Rokan Hilir. Setidaknya ada 4 nama yang diyakini kuat menduduki 'singgasana' itu.

Diantaranya Erizal Muluk, Supriyati, Septina Primawati Rusli dan Rusli Masnur. Ketiganya jelas merupakan Anggota DPRD Riau aktif periode 2015-2019. Namun sejauh ini, DPD I Partai Golkar Riau masih bungkam.

H Arsyadjuliandi Rachman, Pelaksana Tugas Ketua DPD I Golkar Riau mengaku sudah mengantongi nama untuk posisi tersebut. "(Nama) sudah saya kantongi," ujar Andi Rachman, sapaan akrabnya beberapa waktu lalu.

"Tetapi kita tunggu DPRD dulu," sambung Andi saat ditanyakan siapa nama yang sudah masuk dalam catatan tersebut.

Namun sedikit ada perlawanan dari tokoh masyarakat Riau untuk pengisi posisi Ketua DPRD tersebut. Mereka yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) telah melayangkan sikap agar Ketua DPRD Riau diisi oleh putra-putri asli Melayu.

Seperti diketahui, Suparman harus mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPRD Riau, setelah menyatakan ikut dalam Pilkada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Sesuai aturan PKPU, setiap calon dari PNS maupun Anggota DPRD yang telah dinyatakan lolos sebagai calon, wajib mundur dari jabatannya.***