PEKANBARU - Mantan Ketua DPD I Golkar Riau, Annas Maamun dikabarkan pindah ke Partai Nasdem, isu ini muncul setelah beredar foto Kartu Tanda Anggota (KTA) milik tokoh asal Rokan Hilir tersebut.

Dalam e-KTA yang diterima GoRiau.com, Annas Maamun terregistrasi di e-KTA Nasdem sejak Juni 2021 dengan nomor anggota 200295880283****, di e-KTA itu tampak foto Annas Maamun mengenakan kemeja biru.

E-KTA tersebut dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem Bidang Digital dan Siber, dan tampak ada tandatangan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Nasdem, Surya Paloh. Diketahui, Annas terdaftar pada 8 Juni 2021.

E-KTA ini didominasi warga putih, biru dan kuning, tampak ada tulisan yang menyebutkan bahwa pemilik kartu ini adalah anggota terdaftar pada e-KTA Partai Nasdem. Dan ini merupakan identitas resmi anggota Nasdem.

Pemilik kartu juga dilarang menggunakan kartu ini dalam kegiatan yang melanggar hukum, dan dijelaskan pula bahwa kartu ini hasil cetak mandiri dari KTA elektronik melalui https://digital.nasdem.id.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Nasdem Riau, Dedi Harianto Lubis mengatakan, Partai NasDem terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, jika memang benar Annas bergabung, pihaknya sangat menyambut baik.

Dedi tidak bisa berkomentar lebih jauh karena dirinya baru mendapatkan informasi ini, terkait beredarnya Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Nasdem dengan data Annas Maamun, Dedi menyebut, berdasarkan informasi dari kader di Rohil, pembuatan KTA itu merupakan permintaan yang bersangkutan.

"Mengenai yang lain kita belum ada bahas sampai kesana, apalagi ini beliau buat KTA secara pribadi dan tanpa ada pembicaraan khusus," tutupnya.

Sebagai informasi, Nasdem memiliki gebrakan dalam proses rekruitmen kader, dimana KTA bisa dicetak secara mandiri dengan mendownload aplikasinya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Kabupaten Rokan Hilir, Ikhsan menegaskan sampai hari ini dia tidak mengetahui terkait isu kepindahan Mantan Ketua DPD I Golkar Riau, Annas Maamun ke Nasdem.

"Belum ada informasi ke kita, ini saya baru tahu karena dikonfirmasi ini," ujar Ikhsan kepada GoRiau.com, Senin (28/6/2021).

Selama ini, kata Ikhsan, dirinya masih menjalin komunikasi yang baik dengan Mantan Bupati Rohil dua periode tersebut, bahkan beberapa hari setelah lebaran, DPD Golkar Rohil masih sempat berjumpa.

"Kami kan mau Musyawarah Daerah (Musda) di Rohil, masih jumpa, masih minta nasehat beliau menjelang Musda selaku tokoh Golkar," tambahnya. ***