JAKARTA - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau, Fahmizal Usman saat pemaparan dihadapan Kementerian PUPR dan Kemenpar dalam rapat koordinasi di DPD RI mengatakan, iven Tour de Siak 2017 mendatang bakal melalui rute yang melebihi Tour de Singkarak Sumatera Barat.

Pasalnya kata dia, Tour de Siak 2017 bakal melalui rute di 10 Kabupaten/Kota di Riau, dan menyeberang ke Malaysia.

"Jadi secara garis besarnya, kita sampaikan ke pihak Bina Marga, bahwa rute jalan yang dilalui, sebagian besar melalui jalan nasional. Adapun rute yang ke Malaysia adalah Siak-Suangai Pakning-Pulau Bengkalis dan kemudian penyeberangan Malaka. Dari Malaka langsung ke Dumai kemudian Simpang Datang, masuk ke Duri-Kandis melalui Tapung Kampar-Tandun, Rantau Berangin masuk ke Bangkinang, kemudian Pekanbaru berbelok kearah Lipat Kaian," kata Fahmizal usai menggelar rapat koordinasi di DPD RI, Kamis (15/12/2016) siang.

Setelah dari Lipat Kain kata dia, rute akan berlanjut ke Taluk Kuantan-Cirenti ke Pernanap, Air Molok lanjut ke Singpang Jayapura- Sorek-Simpang Lago.

"Kemudian menuju ke Simpang Butan dan kembali ke Kota Siak. Berkaitan rute yang akan dilalui dari catatan kami ada sekitar 900 KM panjang jalan diluar Siak. Nah sebagian besar itu dilalui Jalan nasional, kami di Riau khusunya Pemda sangat berharap dukungan pembenahan infrastruktur jalan yang dilalui Tour de Siak," tukasnya.

Masih kata dia, akhir tahun ini atau bulan Januari pihak Malaka sendiri sudah meminta diundang rapat, termasuk Kemenlu dan Konsulat Indonesia di Malaysia. Jadi iven ini sudah melibatkan dua negara. Kami sangat butuh dukungan infrastruktur ruas jalan nasional itu," paparnya. (*/dnl)