PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti, mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk segera melakukan pemetaan di musim penghujan ini.

Politisi PDIP ini menyebut, sejumlah wilayah di Provinsi Riau, terutama yang berada di pinggiran sungai, kerap menjadi lokasi bencana alam banjir tahunan.

"Di Riau ini kan ada yang namanya banjir tahunan, kita minta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), segera petakan mana daerah yang rawan," ujar Legislator Dapil Rokan Hulu ini, Kamis (18/11/2021).

Ditambahkannya, Pemprov harus bisa sesegera mungkin mengantisipasi bencana banjir ini supaya tidak menjadi bencana besar, yang memberikan kerugian begitu besar kepada masyarakat.

"Intinya, harus siap siaga, jangan nanti kalau terjadi banjir, baru sibuk semua, dari sekarang harus mulai persiapan dan upaya pencegahan," katanya.

Sebagai informasi, Provinsi Riau berada di empat sungai besar, yakni Sungai Rokan, Sungai Kampar, Sungai Indragiri, dan Sungai Siak. Setiap tahunnya, masyarakat yang berada di pinggiran sungai kerap dilanda banjir.

Penyebab banjir diantaranya intensitas air sungai yang meningkat ditambah lagi dengan sungai-sungai yang semakin dangkal. ***