TELUKKUANTAN - Sebanyak 82 jalur mengikuti pacu jalur rayon IV di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah Kecamatan Sentajo Raya. Jalur-jalur tersebut akan berpacu selama tiga hari untuk membuktikan siapa yang paling kuat.

Kegiatan pacu jalur di rayon IV dibuka langsung Wakil Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, H. Halim, Kamis (1/8/2019). Pada kesempatan ini, Wabup Halim didampingi Sekda Dianto Mampanini serta pejabat teras lainnya.

Selain itu, juga hadir Ketua DPRD Kuansing Andi Putra, Kapolres Kuansing AKBP M Mustofa, Kajari Kuansing yang diwakili oleh Doni Saputra, SH serta Dandim 0302 Inhu yang diwakili oleh Pabung Mayor Inf Hariantago.

Di hadapan ribuan masyarakat Kuansing, Halim mengatakan bahwa pacu jalur merupakan alat pemersatu. Karena itu, pelaksanaan iven pacu jalur dapat memperkokoh nilai persaudaraan.

"Bertanding secara sportif. Karena ini pertandingan, tentu ada yang menang dan ada yang kalah. Selama berpacu, kita berkompetisi dan usai bertanding kita adalah saudara," ujar Halim.

Halim pun mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai.

"Saya mengapresiasi panitia yang telah berupaya untuk melaksanakan kegiatan pacu jalur. Mudah-mudahan, pacu jalur rayon IV berjalan dengan aman dan lancar," tutup Halim.***