PEKANBARU - Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar Bidang Pemenangan Pemilu, Ahmad Doli Kurnia Tandjung blak-blakan kepada kader Golkar se-Riau tentang wacana pencalonan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Pilpres 2024.

Dalam kata sambutannya di Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Golkar Riau, Minggu (21/3/2021), Doli menegaskan bahwa sesuai hasil Musyawarah Nasional (Munas), Golkar harus mengusung kadernya sebagai Capres di Pemilu 2024 nanti.

"Kenapa? Karena parpol yang signifikan hasil Pileg-nya adalah partai yang punya capres dari partainya sendiri, ini bukan keinginan siapa-siapa, ini murni keinginan keluarga besar Golkar," kata Doli.

Sebagai Waketum Bidang Pemenangan Pemilu, Doli sudah berkeliling di berbagai daerah, dan diakuinya memang keinginan tersebut sangat kuat. Sehingga, dalam rapat DPP terakhir, pengurus Golkar di daerah menyampaikan hal itu di depan Airlangga secara langsung.

"Mereka mengatakan kalau nanti Golkar punya Capres, mereka mau itu Airlangga, jadi ini bukan kata Pak Airlangga. Sampai sekarang, Pak Airlangga gak pernah ngomong itu," tambahnya.

Aspirasi itu, sambung Doli, disampaikan keluarga besar Golkar di akar rumput, melalui pengurus partai di tingkat provinsi, langsung ke Anggota DPRD, ke Ormas dan lainnya. Puncaknya, seluruh DPD meneruskan aspirasi itu dalam forum resmi.

"Pak Syamsuar (Ketua DPD I Golkar Riau) tahu itu, beliau (Airlangga) tidak jawab. Dia bilang, 'tugas Pak Doli adalah supaya Golkar bisa nomor satu, izinkan saya mengurus rakyat, rakyat lagi susah, sedang diserang covid, ekonomi mereka sangat terdampak, ini yang saat ini sedang saya urus'," terang Doli.

Tetapi karena ini keinginannya keluarga besar Golkar, sebagai orang yang bertugas di bidang Pemenangan Pemilu, Doli mengaku tidak bisa diam sekalipun Airlangga belum menjawab keinginan tersebut.

"Kita punya tanggungjawab, entah beliau mau jawab besok, tahun depan, atau dua tahun lagi, karena ini keputusan Munas yang kita harus punya capres sendiri, tak mungkin kita siapkan 2024. Kalau saudara-saudara merasa punya tanggungjawab, apa yang bisa dikerjakan, kerjakanlah," tuturnya.

Di Riau, sambungnya, saat ini sudah terlihat beberapa spanduk dan billboard yang mensosialisasikan agenda Airlangga ini. Untuk itu, dia berharap supaya agenda ini bisa diseriuskan lagi.

"Kita doakan saja. Karena kita harus menang di Pileg, Pilkada, dan Pilpres tanpa kurang satupun," tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPD I Partai Golkar H Syamsuar dalam kesempatan tersebut menegaskan, Golkar Riau siap menjadi tuan rumah deklarasi Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (Capres) yang diusung partai berlambang pohon beringin tersebut.

Rakerda Partai Golkar Provinsi Riau digelar, Ahad (21/3/2021) di Hotel Premiere, Pekanbaru, dihadiri seluruh pengurus dan kader DPD I dan DPD II Partai Golkar, serta organisasi sayap, didirikan dan mendirikan. Rakerda dihadiri Wakil Ketua Bidang Koordinasi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia dan Sekretaris Bappillu DPP Golkar Suryawijaya

“Riau siap sebagai tuan rumah deklarasi Capres 2024 untuk wilayah Sumatera. Karena mendukung Pak Airlangga pada Pilres 2024 adalah komitmen bersama dalam rapimnas yang kita tindaklanjuti pada rakerda kali ini,” kata Ketua DPD I Partai Golkar Riau H Syamsuar.

Disampaikan Syamsuar dalam sambutannya pada Rakerda, dimana dijelaskan pria yang juga menjabat Gubernur Riau tersebut, Pilpres 2024 memang menjadi komitmen bersama mendukung kader sendiri sebagai capres dalam hal ini dukungan penuh terhadap Ketua Umum Partai Golkar. ***