PANGKALAN KERINCI - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes angkat bicara terkait bertambahnya pasien positif virus corona atau Covid-19 di Pelalawan, Riau dalam beberapa hari terakhir.

Asril menjelaskan, bertambahnya kasus positif Covid-19 disebabkan adanya kebijakan perusahaan kepada karyawannya untuk melakukan swab mandiri.

"Kasus yang bertambah ini mungkin karena adanya kebijakan dari perusahaan kepada karyawannya untuk melakukan swab mandiri," ujarnya, kepada GoRiau.com, Senin (22/3/2021).

Dijelaskan Asril, jika ada karyawan usai cuti liburan sepulangnya karyawan tersebut diminta untuk melakukan swab mandiri.

"Misalnya ada karyawan perusahaan yang libur, sepulangnya mereka diminta melakukan swab. Artinya jatuhnya personal lagi, dia harus mengisolasi setelah itu," terangnya.

Kemudian lanjut Asril, adanya rumah sakit yang melakukan swab terhadap pasiennya yang suspec. "Karena ada pasien masuk, rumah sakit melakukan swab, disitulah terjadinya penambahan kasus positif," paparnya.

Menurutnya, kasus positif Covid-19 di masyarakat cenderung menurun. "Namun jalau kita lihat di masyarakat kasus positif sudah cenderung menurun. Hari ini juga nihil untuk kasus positif," pungkasnya. ***