DURI - Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi menginstruksikan agar harga daging sapi tidak lebih dari Rp85 ribu perkilogram, sebelum lebaran. Namun himbauan orang nomor satu di Indonesia ini belum dilakukan oleh pedagang daging sapi di Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis Riau. Dimana harga daging sapi dan kerbau mencapai Rp120 ribu perkilogram.

Hal tersebut diakui Kasubag TU UPT Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Mandau, H Sitinjak saat dikonfirmasi GoRiau.com, Senin (6/6/2016) diruang kerjanya.

"Kata pedagang daging sapi di pasar harga masih normal, Rp120 ribu perkilogram. Tidak ada kenaikan, harga masih normal sebulan terakhir, karena permintaan belum meningkat," kata H Sitinjak.

Mengenai instruksi Presiden Jokowi itu, lanjut Sitinjak belum sampai surat edarannya ke daerah. Sehingga, tidak bisa menerapkan harga Rp85 ribu perkilogram itu untuk daging sapi di Duri dan sekitarnya.

"Rata-rata alasan pedagang di Duri untuk harga yang disampaikan Presiden Jokowi itu sangat tidak mungkin bisa. Sebab harga sapi yang dibeli dari pemasok serta biaya operationalnya juga masih tinggi," ujarnya.

Sedangkan harga daging sapi di supermarket rata-rata Rp95 ribu per kilogram. Namun konsumen banyak ragu membeli daging kemasan di supermarket yang katanya daging sapi impor.

"Memang ada yang murah daging sapi, di supermarket. Cuma 95 ribu rupiah. Tapi taulah, tak yakin nak beli. Tak yakin dagingnya halal," kata Ophie kata salah seorang ASN di Mandau ini.***