PEKANBARU - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin,resmi melepas keberangkatan 445 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bengkalis di Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, Minggu dini hari (14/7/2019).

Pelepasan yang ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Bupati Bengkalis kepada Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) didampingi Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD), serta Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH). Hadir Asisten I Setda Provinsi Riau H Ahmad Syah Harroffie, Ketua MUI Bengkalis H Amrizal, Ketua LAMR Bengkalis H Zainuddin Yusuf dan tamu kehormatan lainnya.

''Atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah Kabupaten Bengkalis, senantiasa mendoakan bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudara sekalian agar tetap diberikan kekuatan lahir dan batin serta kesehatan selama melaksanakan ibadah haji,'' ujar Amril.

Bupati juga mengingatkan kepada JCH, bahwa agar tujuan utama datang ke tanah suci benar-benar untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima.

Ads
''Gunakanlah waktu selama 40 hari itu untuk memperbanyak ibadah, berzikir, berdo’a, bersedekah dan tawakal. Kesemuanya ini adalah bertujuan untuk meraih ridho dan rahmat dari allah swt, yakni menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,'' harap Bupati.

Untuk diketahui, setelah prosesi pelepasan diselenggarakan seluruh JCH asal Negeri Junjungan ini kemudian diarahkan masuk ke dalam bus menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II untuk berangkat terbang ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Informasi yang diperoleh, JCH akan diangkut ke Batam dengan menggunakan 3 pesawat dalam waktu yang berjarak. Setelah tiba secara keseluruhan di Bandara Batam, JCH yang tergabung dalam Kelompok Terbang 10 ini baru akan menuju Madinah pada pagi hari.

''Kami mendoakan semoga saudara-saudara baik para jamaah calon haji, maupun para petugas mendapatkan haji mabrur dan mabruroh, serta selamat kembali ketanah air,'' ujar Bupati.

Bupati juga menambahkan keberhasilan penyelenggaraan haji tidak semata-mata tanggung jawab Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten. ''Tetapi juga tergantung pada partisipasi para Jamaah Calon Haji (JCH) dalam melaksanakan perjalanan ibadah bersama rombongan yang telah di atur,'' paparnya.

Karena perlunya pertisipasi seluruh JCH agar penyelenggaraan ibadah haji berhasil, Amril Mukminin berpesan kepada seluruh jamaah, untuk senantiasa meningkatkan semangat beribadah dan berniat secara ikhlas dan khusus untuk menunaikan Ibadah Haji semata-mata karena Allah SWT.

''Pelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna, makan makanan yang bergizi dan dalam jumlah yang cukup. Perbanyak minum dan makan buah-buahan, serta kurangi kegiatan yang tidak langsung menunjang ibadah, seperti banyak belanja, dan jalan-jalan,'' pintanya.

Selanjutnya, karena JCH adalah duta bangsa, maka Amril juga mengharapkan untuk bertingkah yang sopan, tertib, berlapang dada dan tidak mudah tersinggung, Tunjukkan kepribadian sebagai umat islam warga Negara Indonesia.***