PINGGIR-Bupati Bengkalis, Kasmarni membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 di wilayah Kodim 0303/Bengkalis yang dipusatkan di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Rabu (11/5/2022).

Pembukaan TMMD ke-113 di Gedung Pertemuan Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir ini dihadiri Komandan Resort Militer 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, Danlanal Dumai Kolonel Laut Himawan, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Andi Kustoro dan Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia.

Kemudian Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Al Azmi dan Septian Nugraha, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Kajari Bengkalis Rakhmad Budiman, Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY, Ketua Pengadilan Agama Lukman Nul Hakim, Tenaga Ahli Bupati Bengkalis Suparjo dan Mustafa Kamal.

Selanjutnya para pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Pinggir, Mandau, Bathin Solapan dan Talang Muandau, Kepada Desa Muara Basung Akhyar Mukmin, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakat, guru dan siswa di Kecamatan Pinggir.

Kasmarni dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada TNI khususnya Dandim 0303 Bengkalis beserta jajaran, karena sudah menunjuk Desa Muara Basung serta Desa Semunai sebagai sasaran dan tuan rumah TMMD ke-113 tahun 2022 ini.

Kami yakin dan percaya, melalui kegiatan TMMD ini akan terbangun semangat kebersamaan yang dapat semakin mendekatkan TNI dengan rakyat, mengingat program TMMD merupakan bagian dari komitmen, sinergi dan integrasi TNI, dalam membangun bangsa, negara serta daerah.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik serta siap mendukung penuh kegiatan TMMD ini, mengingat kegiatan TMMD merupakan perwujudan tugas pokok TNI, sebagaimana dimaksud dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, salah satunya adalah membantu tugas pemerintahan daerah," ujar Kasmarni.

Ditambahkan Kasmarni, melalui kegiatan ini akan terbangun semangat kebersamaan dan semakin mendekatkan TNI dengan rakyat. Sejalan dengan tema TMMD ke-113 tahun 2022 yakni, “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”.

"Jika dilihat dari tema tersebut, tentunya TMMD merupakan pengabdian secara terintegrasi dalam mewujudkan pembangunan diwilayah demi kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, tidak berlebihan jika kami katakan bahwa kegiatan TMMD dapat semakin meningkatkan hubungan harmonis antara TNI dengan rakyat. Karena pada hakekatnya TNI berasal dari rakyat, dibangun dan dibesarkan oleh rakyat, dan selanjutnya bekerja dan berjuang untuk kepentingan rakyat", kata Bukkas.

Di akhir pengarahannya, Bupati Kasmarni berpesan agar masyarakat ikut membantu dan saling membahu dengan TNI.

"Kesuksesan program TMMD ini bukan semata mata tanggung jawab TNI, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama seluruh elemen masyarakat Desa Muara Basung dan Desa Semunai khususnya," pesan Kasmarni.

Sementara itu Komandan Resort Militer 031/Wira Bima, Brigjen TNI. Parlindungan Hutagalung dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat karena memberikan dukungan atas pelaksanaan TMMD ke-13 di Kabupaten Bengkalis.

Melalui TMMD ini lanjut Danrem, kami ingin membantu Pemkab Bengkalis dalam membangun infrastruktur maupun non infrastruktur bagi masyarakat di kabupaten Bengkalis.

"Pada TMMD ke-113 wilayah Kodim 0303/Bengkalis memiliki dua sasaran baik fisik maupun non fisik yang dipusatkan di dua Desa, yakni Desa muara Basung dan Desa Semunai, sasaran fisik meliputi semenisasi dan box culvert dan sasaran Non fisik antara lain penyuluhan narkoba, UMKM, stunting, karhutla, KB dan posyandu dan penyakit tidak menular. Kita berharap dengan ditetapkan sasaran ini pekerjaannya berjalan dengan maksimal dan hasilnya memuaskan, sesuai dengan apa yg diharapkan", pinta Danrem.

Dikesempatan itu juga Danrem 031/Wira Bima juga menegaskan beberapa point' penting kepada satgas TMMD diantaranya, Prajurit TNI harus ikhlas, bekerjalah secara profesional dan perhatikan keamanan dan protokol kesehatan. Jadikan TMMD sebagai wahana Silaturahmi antara satgas TMMD dan masyarakat.

Lebih lanjut sambung Danrem, mengingat kondisi cuaca memasuki musim hujan tentu ini menjadi kendala, diharapkan apa yang kita kerjakan berjalan sesuai dengan target. Dan yang tak kalah pentingnya hormati adat istiadat setempat sehingga satgas dan masyarakat mampu berjalan dengan baik.****