JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengakui ada pembicaraan tentang politik saat makan malam dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Selasa malam, 24 Januari 2023.

Bahkan Gibran mengungkap dalam pertemuan empat mata itu, Prabowo juga menyarankan dirinya untuk maju di ajang pemilihan kepala daerah atau pemilihan gubernur, baik Jawa Tengah ataupun DKI Jakarta.

"Ya ada dong (pembicaraan pilgub), mosok ora ono, wis ngobrol empat mata ra mbahas kui ya rugi dong (masa tidak ngobrol, sudah ngobrol empat mata tidak membahas itu ya rugi)," kata Gibran kepada awak media usai Groundbreaking Museum Budaya, Sains, dan Teknologi Bengawan Solo di Pedaringan, Jebres, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 25 Januari 2023.

Saran dari Prabowo dilontarkan saat Gibran meminta pertimbangan kepada Prabowo soal Pilgub. "Wis dijelaske ndek wingi (sudah disampaikan kemarin), (disarankan) maju. Yo wis kui (ya sudah itu)," tuturnya.

Adapun Prabowo saat ditemui awak media pada Selasa, 24 Januari 2023 malam, menilai Gibran memiliki peluang besar untuk maju di Pilgub DKI Jakarta maupun Jawa Tengah. Menurutnya baik di Jawa Tengah maupun DKI Jakarta, Gibran memiliki kans besar untuk berhasil.

"Kalau saya melihat beliau pemimpin muda yang sangat potensial dan kami selalu mendukung pemimpin yang dinamis dan bekerja keras untuk rakyat. Kami cocok sama Mas Gibran. Beliau di mana saja (Jawa Tengah atau DKI Jakarta) pas," kata Prabowo.

Ditanya pendapatnya perihal usia Gibran yang terbilang masih muda jika akan dicalonkan menjadi gubernur, Prabowo mengatakan tidak melihat kinerja berdasarkan usia. "Kalau saya tidak melihat usia. Yang penting pengabdiannya. Kalau saya lihat pemimpin Republik semua muda kok. Jadi sekali lagi, bukan tua atau muda usianya yang penting pengabdiannya," kata Prabowo.***