MEDAN - Kontribusi 20 persen pasar Sumatera bagi penjualan Epson Indonesia, khususnya kategori printer cukup besar. Kontribusinya jadi yang ketiga setelah Jabodetabek 35 persen dan Jawa 30 persen.

Melihat lebih rinci, kontribusi di daerah Sumatera pun menunjukkan tren positif, sehingga program Epson Indonesia 18th Anniversary Roadshow Sumatera di 23 kabupaten/kota jadi hal penting dilakukan.

"Sumatera memang pasar penting bagi kami karena trennya terus naik," ujar Chris Herman Gunawan, Senior Manager Retail and GX Sales Dept Epson Indonesia, Rabu (28/11/2018).

Di Sumatera, pasar printer terbesar Epson disumbangkan Sumatera Utara dengan kisaran 40 persen, disusul Riau 25 persen dan Jambi serta Palembang dengan kontribusi hampir sama 17,5 persen. Untuk wilayah Sumut, Master Dealer juga meng-cover wilayah Aceh.

Tingginya pasar printer Sumatera, khususnya wilayah Barat Indonesia, karena pemerintah masih memberikan porsi besar di wilayah ini. Juga karena dana APBN masih besar untuk sektor pendidikan, kisaran 20 persen yang ikut mempengaruhi pengadaan barang untuk kebutuhan sekolah.

"Jika dilihat, pengadaan dan ritel dari pemerintah menyumbangkan 20-an persen, sementara ritel jadi yang terbesar kisaran 65-70 persen," ungkapnya.

Untuk kategorinya, printer inkjet tumbuh signifikan dibandingkan laser yang kini terus menurun. "Dari sisi pemakainya banyak dari sekolah dan perkantoran serta ada pula yang shifting dari laser ke ink tank yang membuatnya terus tumbuh," paparnya.

Sementara rangkaian program Epson Indonesia 18th Anniversary Roadshow Sumatera di 23 kabupaten/kota yang dimulai Jumat (16/11) lalu telah melintasi Lampung, Bengkulu, Sumatera Barat, sebagian Sumatera Utara dan kini singgah di Aceh. Sejauh ini tim dengan 9 kendaraan SUV ini telah melintasi sekitar 3 ribu Km. Dari perjalanan jalur darat tersebut, Epson Indonesia akan berkunjung ke 96 diler Epson dan melakukan CSR di 10 sekolah (mendonasikan 16 printer dan 2 proyektor).

Sebelumnya, Epson Indonesia mengunjungi diler di Tarutung (Sentracom), Pematang Siantar (Shine Computer dan Asia Computindo serta CSR dengan memberikan proyektor ke SMAN 4), Berastagi (Mitra Computer dan Benetti Persada), Tapak Tuan (Hospital Computer), berlanjut di Meulaboh ke Dunia Komputer, Sumber Inti Computer, Mult Media dan CSR di MIN 11 Aceh Barat. Di Banda Aceh, visit diler dilakukan di Dunia Komputer, Virtual Computer, Angkasa Putra Abadi, Metrindo Computer, Simbada Computer, Plaza IT, Slamat dan Refill Computer serta Racom.

M Husni Nurdin, Director Finance and Business Support PT Epson Indonesia menambahkan, program Epson Indonesia 18th Anniversary Roadshow Sumatera ini memiliki dua agenda penting, yakni pemberian CSR dan visit ke 96 diler. Lokasi yang dituju adalah kota kedua yang potensi pasarnya cukup baik. "Karena pasar Epson di kota besar sudah bagus," ujar Husni.

Program ini kali ketiga digelar setelah sebelumnya roadshow di Jawa dan Sulawesi yang juga sebagai upaya mendekatkan diri dengan diler. Roadshow Sumatera jadi yang terpanjang dengan jarak tempuh 5.600 kilometer di 23 kabupaten/kota. Selama periode touring, Epson menyiapkan beberapa promo menarik untuk pembelian printer berupa voucher dan t-shirt khusus pembelian Eco Tank L Series dan jasa servis gratis dengan peiode terbatas.***