BANGKINANG - Banyak masyarakat yang bertanya-tanya, berapa besar anggaran APBD Kampar yang dihabiskan untuk menyelenggarakan iven akbar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau ke XXXVIII di Kabupaten Kampar?

Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar, Yusri mengaku, dirinya belum bisa mengungkapkan secara terperinci berapa anggaran yang dialokasikan untuk MTQ ini. Sebab, kata dia, anggaran MTQ tersebar di banyak satuan kerja (Satker).

''Saya ndak hafal, soalnya dananya tersebar di beberapa OPD,'' ucap Sekda.

Dijelaskannya, terkait pembangunan fisik untuk perhelatan ini, dananya ada di PUPR. Sementara dana untuk musik dan penyambutan kata Yusri ada di Dinas Pariwisata.

''Kita paket hemat. Akumulasi (dana) saya ndak hafal. Karena masing-masing satker itu kan ngitung. Silahkan mereka ngitung,'' ungkap Sekda.

Wakil Ketua DPRD Kampar, Fahmil mengungkapkan apa yang disampaikan Sekda Yusri benar adanya. Kata Fahmil, dana perhelatan MTQ ini memang tersebar di beberapa satker.

Akan tetapi, Fahmil menyarankan Sekda Yusri, sebagai Ketua Panitia MTQ, seharusnya sudah memegang data terkait berapa besaran dana APBD Kampar yang dihabiskan untuk penyelenggaraan acara sebesar ini.

''Harusnya sekda sudah punya data di tangan. Biar ketika ditanya masyarakat beliau bisa jawab,'' tegas Fahmil. ***