PEKANBARU - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru mengakui saat ini belum ada pos pemadam kebakaran (Damkar) di wilayah perbatasan antara Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan. Oleh karenanya, ia berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dapat membantu pembangunan pos di kawasan tersebut.

"Saat ini belum ada pos Damkar di perbatasan antara Pekansikawan. Kalau bisa, kita harap Pak Gubernur memfasilitasi pembangunan pos-pos itu," ujarnya, Rabu (2/3/2022).

Selain itu, ia juga berharap agar Pemprov Riau menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk penanganan penyelamatan warga di pos tersebut. Sedangkan personilnya, dapat dikerjasamakan antara kabupaten/kota di Pekansikawan.

"Setelah posnya dibangun, sarana dan prasarana dilengkapi, bisa kita isi personilnya dengan kerjasama Pekansikawan. Misalnya di perbatasan Pekanbaru-Kampar, Pekanbaru-Siak, Pekanbaru-Pelalawan," jelasnya.

Sementara itu, ia menjelaskan, kawasan Pekansikawan sudah melakukan kerjasama dalam penanganan penyelamatan di kawasan perbatasan tersebut. Sehingga, Damkar di kabupaten/kota Pekansikawan dapat bahu membahu jika ada kawasan terbakar yang posisinya lebih dekat.

"Misalnya di Siak Hulu, kalau misalt ada kebakaran, Kota Pekanbaru bisa turun tangan. Karena pos Damkar kita lebih dekat ke kawasan itu," pungkasnya. ***