PEKANBARU - Puluhan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Beringin, yang berada di Jalan Beringin, Kelurahan Sri Sibam, Kecamatan Bina Widya, Kota Pekanbaru, amblas setelah diguyur hujan.

Kurang lebih, ada sebanyak 15 makam dengan kondisi amblas ditemukan di TPU Beringin, setelah hujan deras terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Abdul Aziz, petugas makam di TPU Beringin menjelaskan, makam tersebut amblas dengan kedalaman yang bervariasi. Mulai dari 30-50 cm.

“Rata-rata yang amblas makam baru. Usianya dibawah 1 bulan. Bahkan ada yang dua hari," ujar Abdul, di TPU Beringin, Sabtu (17/4/2021).

Hal tersebut merupakan hal yang wajar, sebab makam yang amblas merupakan makam yang belum lama ditimbun sehingga tanahnya belum padat.

“Makam tersebut belum padat saat proses pemakaman. Kalau dipadatkan tidak amblas, kan ada itu yang tidak amblas karena dipadatkan,. Melihat kejadian ini kita minta keluarga untuk datang dan melakukan perbaikan," imbuhnya.

Terpisah Kapolsek Tampan, Kompol Hotmartua Ambarita, mengatakan kalau hal itu sudah sering terjadi di TPU Beringin, jadi amblasnya beberapa makam di sana merupakan hal yang normal.

“Kita sudah cek ke lokasi, danya beberapa tanah makam yang amblas kebawah karena guyuran hujan yang cukup lama, yang mengakibatkan kurang lebih amblas kebawah. Berdasarkan keterangan dari saksi yang bekerja sebagai penggali kubur, kalau kejadian tanah makam amblas tersebut sudah sering terjadi apabila cuaca hujan yang cukup lama,” terang Ambarita. ***