PEKANBARU, GORIAU.COM - Ditutup Pukul 00.00 WIB malam ini, realisasi fisik Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun 2014 sudah mencapai 66 persen. Sementara realisasi keuangan mencapai 56 persen.

Realisasi ini diyakini akan terus bertambah hingga jelang ditutupnya pencairan yang saat ini masih berlangsung di Biro Perlengkapan Setdaprov Riau.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Riau, Indra, meyakini target realisasi fisik bisa terkejar hingga 70 persen jelang pergantian tahun.

"Masih banyak proses pembayaran yang sedang berlangsung. Kita yakin ini bisa bertambah," ujar Indra.

Jika dikembalikan pada Rapat Koordinasi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, target realisasi APBD Riau hingga akhir tahun berada di angka 60-an persen.

Dengan kata lain, secara tidak langsung, realisasi fisik sudah hampir mencapai target. Sementara realisasi keuangan APBD Riau Tahun 2014 masih dimaksimalkan hingga malam nanti.

Mandatnya realisasi APBD Riau Tahun 2014 disebabkan banyaknya kegiatan yang tidak berjalan. Gubernur Riau non aktif H Annas Maamun banyak mencoret kegiatan yang dianggapnya mubazir dan pemborosan.

Seperti diantaranya kegiatan-kegiatan seminar, pelatihan hingga sejumlah kegiatan fisik. Beberapa diantaranya sejumlah bangunan yang digagas di pinggiran Sungai Siak, tepatnya di bawah Jembatan Siak IV Pekanbaru.***