PEKANBARU - Banjir melanda Kota Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau sejak Sabtu (25/12) dini hari, kini sudah mulai surut.

"Sejumlah ruas jalan yang sebelumnya tidak bisa dilalui akibat tergenang air saat ini mulai bisa dilalui. Sebelumnya banjir sempat merendam ribuan rumah penduduk dan sejumlah ruas jalan, akiba meluapnya air sungai Batang Lubuh," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Bencana (BPBD) Riau M Edy, Minggu (1/1/2022).

Dia mengatakan, untuk di Kota Pasir Pengaraian, banjir saat ini sudah surut. Namun, untuk di kecamatan Rambah, air mulai mengalami kenaikan lagi.

Dengan sudah surutnya banjir di Pasir Pengaraian tersebut, maka saat ini akses transportasi kendaraan bermotor di ruas jalan jalur dua Tuanku Tambusai telah bisa dilintasi, karena air Sungai Batang Lubuh telah surut dan tidak lagi merendam ruas jalan dan rumah penduduk.

"Arus lalulintas dari Jembatan Batang Lubuh Pasir Pengaraian menuju arah Komplek Pemda Rohul telah lancar seperti biasa,’’ katanya.

Untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir, pihaknya bersama dinas sosial Riau juga telah mengirimkan bantuan berupa personil dan bantuan lainnya. Bantuan juga diserahkan bersama dengan pihak DPRD Riau.

"Beberapa bantuan yang disalurkan berupa mi instan, makanan cepat saji, minyak goreng serta beberapa kebutuhan lainnya," ujarnya. ***