PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru telah membentuk Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP). Pembentukan sudah TPP dilakukan pada Rapat Kerja (Raker) KONI Pekanbaru yang dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Nantinya TPP ini akan melakukan penjaringan calon ketua KONI Pekanbaru periode 2022-2026 mendatang.

"Ada lima orang yang ditetapkan dalam raker untuk menjadi TPP calon ketua KONI Pekanbaru. Lima orang itu terdiri dari dua pengurus KONI Pekanbaru dan tiga dari pengurus cabang olahraga (cabor)," kata Ketua KONI Pekanbaru, Anis Murzil, Sabtu (1/1/2021).

Unsur dari TPP yang sudah dibentuk berasal dari dari unsur KONI yakni Agusman MH dan Agus Triono. Sementara dari unsur cabor yakni Ir Yudha Bakti, Benny Chandra dan Abrar. Tiga orang dari cabor ini masing-masing mewakili cabang olahraga terukur, bela diri dan permainan.

TPP KONI Pekanbaru akan menjaring para calon ketua dan melaksanakan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Pekanbaru. Para anggota TPP ini akan mulai bekerja setelah dikeluarkan SK dari KONI.

"Tim penjaringan sudah dibentuk dan mereka akan kita SK kan sekitar akhir Februari atau awal Maret. Nantinya mereka akan melakukan penjaringan terhadap calon ketua," ucapnya.

Untuk syarat menjadi Ketua KONI Pekanbaru, Anis menjelaskan bahwa untuk persyaratan calon Ketua KONI Pekanbaru sudah ditetapkan juga pada saat pelaksanaan Raker.

Salah satunya adalah para calon harus mengantongi dukungan sebesar 20 persen dari anggota KONI Pekanbaru.

"Yang jelas syarat yang mendasar adalah pernah atau sedang mengurus di KONI provinsi, kabupaten/kota, pengurus cabor di provinsi maupun kabupaten/kota," tutupnya. ***