PEKANBARU - Program Sicantig (cadangan pangan terintegrasi) yang menjadi program unggulan Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru, masih dalam tahap pengerjaan. Sampai saat ini, dinas tersebut baru berhasil membangun kandang ayam dan kambing dengan nilai anggaran Rp481,9 juta.

Kepala Dinas Ketapang Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan mengatakan pembangunan kandang tersebut sudah selesai. Pembangunan kandang ini sesuai masterplan Sicantig, yang telah diwacanakan sejak tahun lalu.

"Kandangnya sudah kita lelangkan dan sekarang sudah selesai dibangun. Pembangunan kandang ini merupakan salah satu dari masterplan yang kita buat untuk program Sicantig," ujarnya, Sabtu (20/2/2021).

Sementara itu, Alek menjelaskan bahwa pihaknya juga akan melakukan pembangunan fasilitas lain, sesuai masterplan di kawasan seluas 5 hektar tersebut. Namun, pembangunan-pembangunan itu masih butuh dan menunggu anggaran.

"Karena di kawasan Sicantig itu nanti ada kolam ikan, kandang, lahan pertanian, untuk agrowisata dan lain-lain. Tetapi karena keterbatasan anggaran, kita angsur dulu, kita butuh anggaran setidaknya Rp24 miliar untuk pembangunan masterplan Sicantig," tuturnya. ***