SIAK - Dalam sepekan terakhir Bupati Siak Alfedri bersama Wakil Bupati Siak terpilih Husni Mirza berkeliling Kecamatan, untuk mengikuti musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan. Dalam setiap amanatnya, Alfedri selalu menegaskan realisasi dari usulan nanti tergantung dari kondisi keuangan daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Siak Alfedri saat membuka Musrenbang Kecamatan Minas di gedung serba guna Batin Djaonang, Minggu (21/2/2021) pagi.

Semua aspirasi masyarakat yang sudah dirangkum dalam usulan Musrenbang Kecamatan ini sudah yang prioritas. Sebab sebelumnya usulan ini sudah disampaikab juga dari tingkat kampung atau kelurahan.

"Kebutuhan pembangunan ini memang selalu ada di setiap kampung. Namun pelaksanaannya juga harus tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat Siak. Makanya yang sangat prioritas akan menjadi yang diutamakan untuk realisasinya," kata Bupati Siak.

Kemudian, kata Alfedri, usulan dan program kegiatan tahun anggaran 2022 mengacu kepada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Mengarahkan one village one product di setiap kampung. Diarahkan setiap kampung memiliki produk unggulan yang berbeda.

"Saat ini kita lebih fokus kepada peningkatan ekonomi masyarakat, pengembangan sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif untuk pemulihan ekonomi daerah dan nasional dimasa Pandemi," kata Alfedri.

Selain itu, Penghulu diharapkan menjadi bapak orang miskin. Artinya program kerja pemerintah Kampung sasarannya kepada masyarakat miskin.

"Sesuai janji politik saya kemarin sebagai Bapak orang miskin. Artinya program dan kegiatan lebih mengarah kepada masyarakat miskin. Tentunya hal ini bisa di lanjutkan oleh masing-masing Penghulu," ucapnya. ***