PEKANBARU, GORIAU.COM-Demi mendongkrak angka partisipasi pemilih pada Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik semakin gencar melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan. Diantaranya kaum perempuan yang aktif diberbagai organisasi sosial kemasyarakatan.



Seperti yang terlihat pada Rabu (25/6/2014), sekitar 200 orang perempuan mengikuti kegiatan sosialisasi Pilpres 2014. Acara yang berlangsung di Hotel Furaya Pekanbaru ini sesuai harapan Kesbangpol. Dimana, suasana terasa begitu interaktif antara peserta dan pemateri.

Adapun pemateri berasal dari berbagai lembaga yang berkaitan langsung dengan Pilpres, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pekanbaru.

Selain itu, Kesbangpol Kota Pekanbaru juga menghadirkan pihak kepolisian dan Kejaksaan Tinggi Kota Pekanbaru. Mereka mengupas tentang pelanggaran dan sanksi-sanksi dalam penyelenggaraan Pemilu.

Menurut Kaban Kesbangpol Kota Pekanbaru Agus Pramono, kegiatan ini sengaja ditaja agar warga negara semakin mengerti arti dari menyalurkan suara pada Pilpres mendatang. "Ketika mereka tahu, tentunya mereka akan datang ke TPS tempat mereka terdaftar," katanya.

"Kalau mereka sudah memilih, kita berharap mereka juga mengajak anggota keluarga dan tetangga untuk beramai-ramai datang ke TPS," lanjut Agus.

Agus menilai, kaum perempuan mempunyai daya tarik tersendiri dalam mengajak orang lain untuk datang ke TPS. "Kaum perempuan lebih efektif untuk menularkan kesadaran memilih," katanya.(san)