PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Saat ini, sudah lebih 60 persen dinas dilingkup Pemkab Pelalawan telah melaporkan kesiapan melakukan proses lelang proyek. Ditargetkan, paling lambat awal Juni mendatang seluruh proyek pengadaan sarana dan prasarana sudah dilaksanakan.

"Sampai saat ini sudah masuk data rencana umum pengadaan (RUP,red) pelelangan ke LPSE lebih 50 persen dengan total anggaran Rp 502 milyar," terang Kepala Bagian Progam Pembangunan Setkab Pelalawan selaku pengelola LPSE H Hanafie SSos, M.Si, Senin (25/3/2013). Hanafie mengatakan bahwa mengacu target realisasi LPSE tahun ini setidaknya ada sekitar 10 persen lagi dinas yang belum siap dan masih melengkapi administrasi sebelum diinput melalui LPSE. Target tahun ini 60 persen kegiatan pengadaan sarana dan prasarana dilelang melalui LPSE.

"Alhamdulillah, sekarang sudah lebih 60 persen. Sisanya masih melengkapi administrasi. Mudah-mudahan bulan ini juga kelar sehingga seluruh kegiatan paling lambat awal Juni mendatang sudah mulai,''ungkap Hanafie sambil menjelaskan, pihaknya telah melayangkan surat kepada SKPD terkait untuk segera melakukan pelelangan kegiatan melalui LPSE secepatnya.

Mantan Camat Pangkalan Lesung ini menambahkan, bahwa mengacu Kepres Nomor 17 tahun 2011 lalu mewajibkan seluruh SKPD melakukan pelelangan seluruh kegiatan melalui LPSE.

"'Hal ini tentunya mendorong dalam rangka transparansi penggunaan anggaran," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, dalam coffe morning yang digelar kemarin, Bupati Pelalawan juga kembali menginstruksikan masing-masing SKPD segera melakukan ekpose kegiatan serta melaporkan RUP ke LPSE. Intinya, Bapak Bupati tak menginginkan kegiatan masih menumpuk jelang berakhir anggaran, atau istilahnya segera melaksanakan kegiatan tahun ini.

"Dan diantara SKPD yang lain, Dinas PU yang sudah melakukan proses lelang awal Maret lalu," imbuhnya.

Ditambahkannya, memang hingga saat ini setelah proses tender melalui LPSE, namun teknisnya tetap melalui dinas terkait. ''Selain telah menyurati dinas terkait dan instruksi Pak Bupati agar SKPD segera ekspos kegiatan, kami juga menghimbau masing-masing juga segera koordinasi dengan Bagian Program Pembangunan," tutupnya. (ilm)