SELATPANJANG - Sebanyak 4 (empat) pesilat dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau dipastikan akan memperkuat tim Riau di Pra Pekan Olahraga Nasional (PON), September 2019 mendatang.

Sebgaaimana disampaikan oleh Pengcab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepulauan Meranti. Lima atlet ini dipastikan lolos setelah berhasil melewati seleksi atlet di Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

Pesilat yang tersebut berasal dari perguruan Satria Muda Indonesia ini dipastikan lolos setelah tim beregu putra yang terdiri dari Muhamad Ilham Afandi, Muhaji dan Suprihadi meraih mendali emas, setelah menumbangkan pesilat dari Dumai, Siak dan Bengkalis.

Sedangkan kelas D putri yang diwakili pesilat Diana Zuliani juga berhasil meraih mendali emas setelah menumbangkan pesilat dari Rokan Hulu.

Ads
Pelatih silat perguruan Satria Muda Indonesia, Dodi mengatakan pihaknya sangat bersyukur atas lolosnya atlet silat Kepulauan Meranti ke gelanggang nasional. Menurutnya seleksi yang diikuti seluruh perguruan silat dari 12 kabupaten/kota di Riau ini sangat ketat.

Lebih lanjut dikatakan, atlet silat dari Kepulauan Meranti yang mengikuti Pra PON ini mendominasi. Dimana atlet silat yang memperkuat Riau hanya enam orang.

"Seleksi yang kita ikuti sangat ketat, sehinggga dengan lolosnya atlet ini  membuat kita bangga, tidak hanya Pra PON, atlet kita harapkan lolos juga di PON dengan target meraih satu mendali emas," kata Dodi, Minggu (14/7/2019).

Ucapan terimakasih juga disampaikan Dodi kepada Pengcab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepulauan Meranti, dimana telah mensupport atlet sehingga bisa meraih hasil yang terbaik.

"Saya sangat berterima kasih kepada Plt Ketua IPSI Kepulauan Meranti, Rony Samudra yang telah menanggung semua akomodasi atlet, karena dari KONI dan Pemda tidak ada bantuan sama sekali. Kami sangat salut dan bersyukur punya ketua seperti dia," ungkap Dodi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Rizki Hidayat mengatakan sangat bangga terhadap prestasi yang diraih oleh atlet Kepulauan Meranti. Menurutnya ini bisa menjadi motivasi dan pemicu bagi atlet lain untuk lebih meningkatkan prestasinya.

"Pemda Kepulauan Meranti merasa bangga terhadap atlet kita yang lolos Pra PON untuk mewakili Riau, mudah- mudahan dengan hal ini jadi motivasi dan pemicu bagi rekan atlet untuk lebih berusaha lagi dan berlatih lebih giat lagi. Rasa bangga kami tidak terhingga kepada atlet kita yang berprestasi ini," pungkasnya.***